5 Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks, dan Protokol | Bahasa Indonesia Kelas 11

Teks prosedur merupakan salah satu contoh teks yang lumayan sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah kamu pernah menemukannya? Yuk, kenali jenis-jenis dan juga contoh dari teks prosedur!

Halo! Kamu pernah nggak melihat buku penjelasan atau keterangan dari sebuah produk? Misalnya, ketika kamu membeli ponsel baru. Ada buku petunjuk yang bisa kamu baca untuk menggunakan ponselnya kan? Nah, kamu baru saja melihat satu contoh dari teks prosedur.

Sebelumnya kita pernah membahas ciri-ciri dan konsep dari teks prosedur, di artikel ini kita bakal bahas tentang jenis dan juga contoh-contohnya. Menurutmu, kira-kira di mana lagi kita bisa menemukan teks ini, ya? Sebelum itu, yuk bahas kembali tentang pengertian  teks prosedur.

 

Pengertian Teks Prosedur

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata “prosedur” memiliki arti  tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas atau metode langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan suatu masalah.

Nah, dari penjelasan tersebut, bisa kita simpulkan bahwa teks prosedur adalah sebuah panduan untuk menyelesaikan aktivitas atau masalah dengan beberapa langkah-langkah yang berurutan.

Sedikit banyak pasti inget, kan? Iya dong, soalnya teks prosedur ini sudah pernah dibahas juga di kelas VII. Kira-kira, teks prosedur seperti apa nih yang sering kamu cari untuk menyelesaikan tugasmu? Untuk lebih memahami dari contoh teks prosedur, lebih baik kita bahas terlebih dahulu tentang jenis-jenis teks prosedur, ya!

 

Jenis-jenis Teks Prosedur  

Secara umum, kita udah mulai mengenal nih tentang teks prosedur. Nah, teks prosedur ini punya jenis-jenis berdasarkan susunan dan fungsinya masing-masing. Yuk, kita bahas satu per satu!

 

1. Teks Prosedur Sederhana  

Sesuai dengan namanya, teks prosedur sederhana merupakan teks yang hanya berisi dua atau tiga langkah saja. Proses dan langkah-langkah yang dijelaskan dalam teks prosedur sederhana juga tidak terlalu rumit dan mudah di pahami.

2. Teks Prosedur Kompleks 

Teks prosedur kompleks merupakan teks yang mempunyai banyak arahan secara detail. Teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Jika ingin menyelesaikan aktivitas dengan bantuan teks prosedur kompleks, kamu harus teliti dan mengikuti arahan sesuai urutan. Teks ini banyak digunakan pada aktivitas yang memerlukan banyak dokumen atau melibatkan banyak pihak.

3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya tidak harus berurutan dan dapat dikerjakan pada bagian mana pun terlebih dahulu. Tetapi, tujuan akhirnya tetap bisa tercapai.