Apa induk organisasi sepak bola di indonesi dan dunia? Pelajaran Olahraga Kelas VII

nduk organisasi sepak bola di Indonesia adalah PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) sedangkan induk organisasi sepak bola di dunia adalah FIFA (Fédération Internationale de Football Association).

 

Pembahasan

Induk organisasi sepak bola merupakan suatu badan yang mengurusi persebakbolaan di Indonesia. Induk organisasi sepak bola di Indonesia dinamakan PSSI yang merupakan kepanjangan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia). PSSI didirikan pada tanggal 19 April 1930 yang awalnya dinamakan sebagai Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia dengan ketua umum yang pertama kali adalah Soeratin Sosrosoegondo.  PSSI bergabung dengan FIFA pada tahun 1952 dan pada tahun 1954 bergabung dengan AFC. Setiap tahunnya induk organisasi sepak bola ini (PSSI) menggelar kompetisi Liga Indonesia dan Piala Indonesia yang diadakan mulai tahun 2005.

 

Induk organisasi sepak bola dunia adalah merupakan badan internasional yang mengurusi  dan mengendalikan segala urusan yang terkait dengan sepak bola di seluruh dunia. FIFA yang merupakan kepanjangan dari  Fédération Internationale de Football Association yang berasal dari bahasa Perancis didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris. FIFA bermarkas di Zurich dan memiliki 211 anggota assoasi.  FIFA merupakan badan yang bertanggung jawab dalam hal:

  1. mempromosikan sepak bola ke seluruh dunia
  2. mengatur transfer pemain antar tim
  3. setiap bulannya FIFA akan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA
  4. FIFA juga menentukan pemain yang mendapatkan predikat sebagai pemain dunia terbaik