Apa yang dimaksud pengemasan? Pelajaran Prakarya & Kewirausahaan

Pengemasan bisa diartikan sebagai suatu tindakan yang sengaja dilaksanakan atas barang-barang produksi dengan menggunakan bahan tertentu menggunakan cara dilipat, dibungkus dan semacamnya yang tujuannya menjaga produk serta penarik minat konsumen.

Baca lebih mendalam mengenai syarat pengemasan

»Pembahasan

PENGEMASAN adalah tahap paling akhir pada proses pembuatan produk-produk olahan pangan. Pengemasan ini dinamakan juga dengan penyajian. Disebutkan bahwa pengemasan ini meski adalah tahap paling akhir namun memegang peranan yang sangat penting di dalam proses produksi produk pangan sebab merupakan faktor yang kemudian meningkatkan daya tarik konsumen atas produk tersebut sekaligus media yang melindungi produk dari kontaminasi bahan berbahaya.

Oleh karena peranannya yang sangat penting maka bahan-bahan yang digunakan sebagai wadah kemasan harus dipilih dengan cermat. Seiring perkembangan teknologi, pengemasan hari ke hari semakin berkembang. Wadah pengemasan umumnya terbuat dari bahan-bahan sepert kertas, plastic jenis tertentu, kaca atau pun polimer dan kawan-kawannya.

Meski begitu terdapat sejumlah kecil produsen yang tetap mempertahankan kemasan tradisional sebab dianggap lebih unik dan menarik minat konsumen. Ada pula produsen yang mengambil jalan tengah dengan memadukan kemasan tradisional dengan kemasan modern yang lagi-lagi tujuannya adalah untuk menarik perhatian konsumen.