Hasil Sidang PPKI 1, 2, 3 dan Terbentuknya Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11

Hasil Sidang Pertama PPKI

Sidang pertama PPKI dilaksanakan pada 18 Agustus 1945 bertempat di Gedung Tyuuoo Sangi-In (Gedung Pancasila). Berikut ini hasil dan isi rumusan Sidang PPKI pertama:

1. Mengesahkan UUD 1945 

Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 disahkan sebagai konstitusi negara Indonesia.

Selain itu, hasil sidang ini adalah merevisi Piagam Jakarta yang awalnya terdapat kalimat, “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa” dan akhirnya ditetapkan sebagai sila pertama dasar negara Pancasila. Hal ini dilakukan agar negara Indonesia dapat merangkul berbagai golongan agama.

2. Memilih Presiden dan Wakil Presiden RI

Atas usulan Otto Iskandardinata yang kemudian disetujui oleh forum sidang, Soekarno dan Hatta dipilih sebagai presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

3. Membentuk Komite Nasional

Komite Nasional dibentuk sebagai komite sementara untuk membantu presiden dan wakil presiden, karena saat itu, DPR dan MPR belum dibentuk.

Keesokan harinya, yaitu tanggal 19 Agustus 1945, panitia sidang harus segera melaksanakan rapat karena sebagai sebuah negara, Indonesia masih kekurangan banyak hal. Apa saja yang berhasil dirumuskan di hari kedua atau sidang kedua ini?

Oh, ya, kalau mau nonton pembahasannya secara lengkap, bisa lewat link di bawah ini ya! Oke, ayo kita lanjut!

Hasil Sidang Kedua PPKI

1. Pembagian Provinsi di Indonesia

PPKI memutuskan untuk membagi wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi, yaitu Sunda Kecil, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi

2. Membentuk Komite Nasional Daerah

Sidang kedua ini membentuk Komite Nasional Daerah (KND) yang levelnya berada berada di provinsi-provinsi yang telah dibentuk.

3. Pembentukan Departemen dan Menteri

Terakhir, PPKI berhasil membentuk 12 departemen dan menteri-menterinya. Selain itu, terdapat juga 4 menteri negara non-departemen.

Oke, setelah melakukan dua sidang, PPKI melaksanakan sidang ketiga atau terakhir untuk melengkapi hal-hal yang belum dirumuskan dalam dua sidang sebelumnya.

Hasil Sidang Ketiga PPKI

Sidang terakhir yang dilakukan PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945 menghasilkan hal-hal sebagai berikut:

1. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Nah, komite ini adalah awal mula terbentuknya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). KNIP adalah Badan Pembantu Presiden yang anggota-anggotanya adalah tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai golongan dan daerah.

2. Membentuk Partai Nasional Indonesia (PNI)

Secara umum, PNI dibentuk untuk kedaulatan rakyat dan sebagai implementasi negara Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur.

3. Membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) 

BKR mempunyai tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban negara Indonesia. Nah, setelah BKR resmi dibentuk, maka organisasi-organisasi lain yang memiliki tugas yang serupa seperti BKR, yaitu Heiho, PETA, dan Laskar Rakyat resmi dibubarkan.

Oke, berikut ini adalah soal yang dapat dikerjakan untuk mengulang kembali ingatan Sobat Zenius tentang materi ini. Selamat mengerjakan!

Contoh Soal

  1. Sidang PPKI pertama membahas terkait ….

a. Dasar negara

b. Sistem politik

c. Dasar pemerintahan

d. Kementerian yang bertugas

e. Pembagian wilayah Indonesia

Pembahasan:

18 Agustus 1945 merupakan tanggal dilaksanakanya sidang PPKI yang pertama. Di sidang pertama ini mereka hal yang fokus dibicarakan adalah mengenai dasar negara Indonesia termasuk pengesahan UUD 1945 serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.

Jawaban: a.