Bagaimana Kronologis peristiwa sumpah pemuda ? Mata Pelajaran PPKN Kelas 2 smp

Pembahasan

Berikut jawaban atas sejumlah pertanyaan di atas:

  • Kronologi peristiwa Sumpah Pemuda adalah dimulai ketika Kongres Pemuda II dilaksanakan sejak tanggal 27 Oktober hingga 28 Oktober di Jakarta yang saat itu masih bernama Batavia. Tahun pelaksanaan Kongres Pemuda II ini adalah pada 1928. Sumpah Pemuda ini sendiri yang dimaksudkan adalah KEPUTUSAN KONGRES PEMUDA II yang memuat 3 keputusan. Di kemudian hari keputusan ini kita namakan dengan Sumpah Pemuda.
  • Semangat dan komitmen dari peristiwa Sumpah Pemuda adalah semangat PERSATUAN dan komitmen untuk menjunjung tanah air yang satu yakni Indonesia, mengakui berbangsa satu yakni Indonesia dan menjunjung bahasa yang satu pula yakni bahasa Indonesia.

Ketahui lebih lanjut mengenai keterangan Sumpah Pemuda brainly.co.id/tugas/59488

  • Makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan kemerdekaan sangat penting sebab peristiwa ini kemudian mengubah pola perjuangan yang awalnya kedaerahan kemudian bersifat nasional, terpadu, terorganisir dan dibarengi dengan perjuangan kaum intelektual. Sumpah Pemuda adalah tonggak kenbangkitan nasional yang kemudian mengantarkan bangsa Indonesia pada kemerdekaan.
  • Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar adalah sebagai teladan sejarah bahwa nasib bangsa benar-benar ada di generasi mudanya. Sumpah Pemuda bukti bahwa pemuda-pemudi Indonesia jika berbuat dengan tekad kuat maka bahkan kemerdekaan setelah dijajah ratusan tahun pun bisa diwujudkan.