Bangun Ruang Tabung – Rumus Luas Permukaan dan Volume | Pelajaran Matematika

Ciri-Ciri Tabung

Dalam bangun ruang, tabung tuh udah identik banget sama alas dan juga tutupnya yang berbentuk lingkaran seperti gambar di jaring-jaring tabung di atas. Untuk lebih lengkapnya, berikut di bawah ini ciri-ciri tabung:

Sebelum gue kasih tahu rumus volume tabung, elo harus tahu dulu nih ciri-cirinya.

Dalam bangun ruang, tabung tuh udah identik banget sama alas dan juga tutupnya yang berbentuk lingkaran, dan selimut tabung berbentuk seperti persegi panjang.

Untuk lebih lengkapnya, berikut di bawah ini ciri-ciri tabung:

  • Tabung memiliki berapa sisi, ya? Tabung memiliki 3 buah sisi, yaitu sisi alas, dan sisi tutup yang berbentuk lingkaran, dan juga sisi selimut (tegak) yang berbentuk persegi panjang.
  • Memiliki 2 rusuk, yaitu rusuk atas, dan rusuk bawah.
  • Tidak memiliki titik sudut.

Bangun Ruang Tabung dalam Kehidupan Sehari-hari

Tadi gue sudah kasih tahu nih ciri-ciri dari bangun ruang tabung. Sebelum gue kasih tahu cara mencari luas permukaan tabung, elo perlu tahu contoh bangun ruang yang satu ini. Gue akan berikan elo gambar yang related dengan kehidupan sehari-hari.

contoh tabung
Ilustrasi Snare Drum (Dok. Unsplash)

Elo tahu nggak sih kalau Snare Drum ini berbentuk tabung. Coba perhatikan deh, Snare memiliki 3 buah sisi, yaitu sisi alas, dan sisi tutup yang berbentuk lingkaran, dan juga sisi selimut.

contoh tabung
Ilustrasi toren air (Dok. Unsplash)

Toren Air yang berfungsi menampung air ini juga berbentuk tabung. Benda ini memiliki semua ciri-ciri bangun ruang tabung.

contoh tabung
Ilustrasi kaleng (Dok. Unsplash)

Begitupun kaleng minuman bersoda ini merupakan bangun ruang tabung. Kaleng ini memiliki 3 buah sisi, yaitu sisi alas, dan sisi tutup yang berbentuk lingkaran, dan juga sisi selimut.

Rumus Luas Permukaan Tabung

Sekarang gue akan kasih tahu nih rumus luas tabung dan rumus volumenya.

Untuk memahami konsep dari rumus luas permukaan tabung, akan lebih mudah bagi kita kalo lihat jaring-jaring tabung pada gambar di atas. Dapat dilihat bahwa tabung terdiri dari 2 lingkaran dan 1 persegi panjang bukan?

Dalam artikel mengenai bangun datar lingkaran, kita ketahui rumus luas dan keliling lingkaran adalah sebagai berikut:

Keliling Lingkaran: Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 89

Luas Lingkaran: Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 90

Keterangan: K= keliling (m); La= Luas Alas (Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 91)

Selain itu, kita ketahui bahwa sisi tegak tabung berupa persegi panjang, dimana rumus luas persegi panjang adalah

Luas Persegi Panjang:Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 92

“p” yaitu panjang dalam luas persegi panjang pasti sama dengan keliling lingkaran, bukan? Karena sisi panjang pada persegi panjang akan melengkung mengelilingi alasnya yang berbentuk lingkaran. Oleh karena itu rumus luas selimut tabung adalah sebagai berikut:

Luas Selimut TabungBangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 93

Sehingga luas permukaan tabung, dapat disusun sebagai berikut:

Luas Permukaan TabungBangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 94

Di mana, Ls= Luas selimut tabung (Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 91); 𝜋= pi, Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 96 atau 3,14; r= radius atau jari-jari lingkaran (m); t=tinggi tabung (m).

Karena lingkaran pada tabung ada 2 yaitu alas dan tutupnya, maka pada rumus luas permukaan tabung, luas lingkaran dikalikan dengan 2 (dua).

contoh soal luas permukaan tabung

Rumus Volume Tabung

Setelah mempelajari mengenai luas permukaan tabung, maka sekarang kita ke volume tabung. Secara sistematis rumus volume tabung disusun sebagai berikut:

Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 97

Keterangan: V= volume (Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 98); 𝜋= pi, Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 96  atau 3,14; r= radius atau jari-jari lingkaran (m); t=tinggi tabung (m).

Jika elo udah memahami mengenai jaring-jaring tabung dan juga luas permukaan tabung, elo pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam memahami rumus volumenya.

contoh soal volume tabung