Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa – Materi Fisika Kelas 12

Pengertian Nomor Atom dan Nomor Massa

Apa yang dimaksud dengan nomor atom? Coba elo perhatikan lambang atom atau unsur berikut ini untuk mengetahui pengertian dari keduanya!

Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 65

Dari lambang tersebut, bisa diambil keterangan sebagai berikut:

A = Nomor massa, yang menunjukkan jumlah proton dan neutron pada inti atom (nukleon).

Z = Nomor atom, yang menunjukkan jumlah proton pada inti atom.

Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa

Gimana cara mencari nomor atom dan nomor massa? Misalnya gini, elo ada atom Oksigen sebagai berikut.

Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 66

Tentukan jumlah proton dan neutronnya!

Gimana cara mencarinya? Gampang aja, elo coba lihat lagi konsep mencari nomor atom dan nomor massa sebelumnya. Nomor atom itu hanya terdiri dari proton, yang artinya elo udah dapet nih berapa jumlah protonnya, yaitu 8. Kemudian, gimana cara mencari neutronnya? Elo cari dari nomor massa, yaitu neutron dikurangi proton, sehingga jumlah neutron adalah 16-8=8.

Lalu, gimana kalau ada ion Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 67? Elo nggak usah bingung, meskipun atomnya berubah menjadi ion, tapi inti atomnya nggak berubah kok. Dengan kata lain, inti atom seperti proton dan neutronnya tetap.

Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 66 → p = 8, n = 16-8 = 8.

Nah, karena Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 67 adalah ion, maka bisa muncul pertanyaan mengenai jumlah elektron. Patokannya adalah jumlah proton, pada atom O adalah 8. Karena, ion O adalah 2-, yang artinya kelebihan 2 elektron, sehingga elektron dari Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 67 adalah 10.

Paham ya cara mencari nomor atom dan nomor massa?

Contoh Soal Nomor Atom dan Nomor Massa

Gimana, mudah kan mencari nomor atom dan nomor massa dalam inti atom? Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi di atas, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi.

ontoh Soal 1

Jumlah nukleon pada atom molibdenum Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 71 adalah ….

a. 96

b. 42

c. 56

d. 138

e. 180

Jawab: a. 96

Pembahasan: lambang atom atau unsur adalah Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 65, di mana A adalah nomor massa yang terdiri proton dan neutron pada inti atom (neuklon). Sedangkan, Z menunjukkan jumlah proton pada inti atom.

Contoh Soal 2

Berapa nomor massa atom besi yang mempunyai 28 neutron?

a. 26

b. 2

c. 54

d. 56

e. 43

Jawab: c. 54.

Pembahasan: untuk mengetahui nomor massa besi, maka kita harus mengetahui dulu nomor atom (proton) dan neutron besi. Neutron udah diketahui, yaitu 28. Sedangkan, nomor atom besi (Fe) berdasarkan sistem periodik adalah 26. Nomor massa menunjukkan jumlah neutron dan proton, sehingga 28 + 26 = 54. Jadi, nomor massa atom besi yang mempunyai 28 neutron adalah 54.