Gerakan dalam senam irama biasanya dilakukan dengan…

Dalam senam irama, sifat dari gerakan yang dilakukan adalah (D) indah dan lentur.

 

Pembahasan

Pilihan (D) benar karena gerakan dalam senam irama harus dilakukan secara lentur dan luwes agar bisa menghasilkan keindahan gerakan.

Pilihan (A), (B), dan (C) salah karena gerakan dalam senam irama tidak boleh dilakukan dengan kaku ataupun patah-patah. Selain itu, kecepatan gerakan dalam senam irama harus disesuaikan dengan irama yang dihasilkan oleh lagu iringan.

 

Senam irama adalah salah satu olahraga dalam cabang senam yang melibatkan penggunaan dari berbagai macam gerakan dasar. Salah satu hal utama dalam senam irama adalah penggunaan lagu iringan yang akan menghasilkan irama yang dijadikan sebagai pedoman bagi para peserta untuk melakukan suatu gerakan. Oleh karena itu, dalam melakukan senam irama kita harus bisa menghasilkan gerak yang bisa sesuai dengan irama yang dihasilkan oleh lagu iringan. Ada beberapa unsur tekanan utama yang ada dalam senam irama.

Berikut adalah unsur utama dalam senam irama:

  • Kelenturan: adanya kemampuan seseorang untuk menggerakkan anggota tubuhnya secara optimal. Kelenturan ini diperlukan dalam seluruh gerakan yang ada dalam senam irama.
  • Kontinuitas gerakan: dalam senam irama, suatu gerakan yang sudah selesai akan langsung dilanjutkan dengan gerakan lain sehingga menghasilkan gerakan yang tidak terputus.
  • Irama: unsur utama dalam senam irama yang merupakan adanya keselarasan antara gerak yang dihasilkan oleh para peserta dengan irama yang dihasilkan oleh lagu iringan. Keselarasan gerakan dengan irama ini akan menciptakan keindahan gerak.
  • Keluwesan tubuh: unsur utama dalam senam irama yang merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan dalam senam irama tanpa merasa kekakuan yang mengganggu pada anggota tubuhnya.
  • Fleksibilitas: unsur utama dalam senam irama yang merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan dalam senam irama dengan yakin dan tidak mengalami cedera.
  • Keseimbangan: unsur utama dalam senam irama yang merupakan kemampuan seseorang untuk mengendalikan posisi tubuhnya ketika melakukan gerakan dalam senam irama.