Hasil Sidang BPUPKI Pertama dan Kedua Beserta Prosesnya – Materi Sejarah Kelas 11

Perkenalan Singkat dengan BPUPKI

Sesuai dengan namanya, yaitu Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, maka perlu dilakukan penyelidikan terlebih dahulu. Apa sih yang diselidiki?

Sebelum masuk ke proses, kita perlu menyelidiki dulu nih:

“Gimana caranya supaya Indonesia merdeka?”

“Dasarnya Indonesia merdeka itu apa?”

“Siapa yang kemudian memerintah Indonesia?”

“Gimana bentuk pemerintahannya?”

Kurang lebih itulah yang akan mereka selidiki—karena berdirinya suatu negara yang merdeka ada prosesnya, elo bisa cek betapa pentingnya pengakuan kedaulatan di sini.

Untuk memulai prosesnya, maka perlu dipilih dulu nih ketua sebagai pemimpin jalannya persiapan kemerdekaan Indonesia. Ketua yang terpilih adalah Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat, sosok priyayi Jawa yang berpengaruh sekaligus penggagas Boedi Oetomo. Sedangkan, wakilnya yang terpilih adalah R.P. Soeroso dan Ichibangase Yosio dari Jepang.

Setelah dipilih ketua dan wakilnya, pada tanggal 28 Mei 1945 dilaksanakan pelantikan anggotanya yang berjumlah 68 orang—awalnya hanya 62, kemudian ditambah 6 orang lagi.

Nah, setelah punya anggota, akhirnya bisa dimulai nih sidang BPUPKI-nya.

Sidang BPUPKI adalah sidang yang diadakan untuk merumuskan dasar negara Indonesia.

Waktu persidangan BPUPKI yaitu 29 Mei-1 Juni 1945 (sidang pertama), 10-17 Juli 1945 (sidang kedua), dan 2 Juni-9 Juli (sidang tidak resmi, yang berlangsung antara sidang resmi pertama dan kedua).

gambar sidang BPUPKI zenius education
Gambar sidang BPUPKI, terlihat Ir. Soekarno sedang menyampaikan pendapatnya. (dok. ANRI)

Hasil Sidang Pertama BPUPKI: 29 Mei-1 Juni 1945

Sidang resmi BPUPKI yang pertama berlangsung pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945 di Gedung Chuo Sangi In—sekarang dikenal sebagai Gedung Pancasila, Jakarta.

Dalam sidang BPUPKI pertama dibahas sebuah rumusan penting yaitu dasar negara Indonesia. Oleh karena itu, hasil sidang BPUPKI pertama adalah rumusan dasar negara, yang selanjutnya disebut Pancasila. Bagaimana proses sidang resmi yang dilaksanakan BPUPKI?

Oke, kita bahas prosesnya dulu ya. Jadi, sidang pertama BPUPKI membahas tentang bentuk negara, filsafat “Indonesia Merdeka”, dan rumusan dasar negara Indonesia.

Untuk pembahasan pertama mengenai bentuk negara, disepakati bahwa bentuk negara Indonesia yaitu NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Selanjutnya, dibahas juga mengenai rumusan konstitusi NKRI. Artinya, sebelum ke situ BPUPKI perlu membuat rumusan dasar negara terlebih dahulu.