ide pokok paragraf tersebut adalah

Ide pokok paragraf merupakan ide atau gagasan yang menjadi inti/pokok suatu paragraf, yang kemudian dikembangkan menjadi suatu paragraf. Ide pokok disebut juga dengan gagasan utama. Dalam satu paragraf terdapat satu ide pokok/gagasan utama.

 

Pembahasan:

Ide pokok paragraf merupakan ide atau gagasan yang menjadi inti/pokok suatu paragraf, yang kemudian dikembangkan menjadi suatu paragraf. Ide pokok disebut juga dengan gagasan utama. Dalam satu paragraf terdapat satu ide pokok/gagasan utama.

Ide pokok/gagasan utama terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama ini kemudian dikembangkan dengan dibubuhkan kalimat-kalimat penjelas sehingga membentuk suatu paragraf. Kalimat-kalimat lain selain kalimat utama ini disebut juga sebagai kalimat penjelas.

Fungsi dari ide pokok/gagasan utama yaitu untuk memberikan penjelasan dari inti/pokok suatu paragraf, dengan demikian pembaca akan memahami maksud yang tertulis dalam suatu paragraf.

Ciri-ciri dari ide pokok/gagasan utama yaitu:

– Ide pokok mempunyai kalimat-kalimat pendukung atau pejelas yang mengembangkan atau menguatkan ide pokok tersebut.

– Ide pokok sebagai inti dari suatu paragraf

Berikut ini adalah contoh untuk menetukan ide pokok:

Reptilia merupakan kelompok hewan yang berjalan secara melata. Contoh dari reptilia diantaranya yaitu kadal, ular, dan lain-lain. Kelompok hewan ini memiliki tulang keras dan sisik yang terdapat pada kulit. Kelompok hewan ini berdarah dingin, sehingga suhu tubuhnya menyesuaikan suhu udara di luar tubuhnya.”

Dari contoh di atas, kita dapat menentukan ide pokok dari paragraf tersebut terdapat pada kalimat utama “Reptilia merupakan kelompok hewan yang berjalan secara melata”, sehingga ide pokoknya yaitu mengenai reptilia.