Jelaskan dampak dari interaksi keruangan di daerah tempat tinggal kalian

Dampak dari interaksi keruangan di daerah tempat tinggal adalah perubahan penggunaan lahan, perubahan orientasi mata pencaharian, berkembangnya sarana dan prasarana dan berubahnya komposisi pebduduk.

 

Pembahasan

Konsep ruang merupakan suatu konsep dalam geografi yang paling mendasar maupun fundamental. Sedangkan interaksi merupakan salah satu proses yang sifatnya timbal balik dan memiliki pengaruh terhadap tingkah laku, baik melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Interaksi antar ruang merupakan salah satu cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi juga permasalahannya dan keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang disekitarnya.

Ada beberapa syarat interaksi antar ruang, yaitu:

  1. Saling melengkapi atau Compementarityyang merupakan suatu ruang dengan ruang lain yang saling membutuhkan sahingga saling melengkapi. Dengan demikian, kondisi saling melengkapi dapat terjadi bila antara satu daerah dengan daerah lain menghasilkan komoditas yang berbeda.
  2. Kesempatan antara atau Intervening Opportunity, yang merupakan salah satu penawaran aternatif dimana sebuah ruang menawarkan pilihan yang baik dari ruang asal maupun ruang tujuannya.
  3. Kemudahan transfer atau Transferability, yang merupakan salah satu keadaan yang dapat diserahkan maupun dipindahkan.

Dengan demikian, syarat interaksi antar ruang sangat penting dalam menciptakan interaksi antar ruang dan dengan banyak cara untuk berpindah maupun bergeser ke suatu ruang. Syarat ini juga memerlukan biaya.

Ada beberapa bentuk – bentuk interaksi adalah:

  1. Mobilitas Penduduk, yang merupakan saah satu bentuk pergerakan dan perpindahan manusia daru satu ruang ke ruang lainnya. Misalnya urbanisasi, imigrasi transmigrasi, perjalanan ke tempat kerja dan lain sebagainya.
  2. Komunikasi, merupakan salah satu perpindahan ide, gagasan, informasi, visi misi, cita-cita dan sejenisnya baik secara langsung maupun tidak angsung. Misanya melihat tayangan berita, melihat tayangan televisi, membaca buku dan lain sebagainya.
  3. Transportasi, yang merupakan salah satu perpindahan barang dari suatu tempat ketempat lain, misalnya pengangkutan barang, perdagangan dan lain sebagainya.

 

Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel: Seni Budaya

Bab: Deskripsi Interaksi Antar Ruang