Jelaskanlah interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya Dan berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan Alam

Interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alam yaitu hubungan saling menguntungkan kedua belah pihak. Manusia membutuhkan alam untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Adapun alam membutuhkan manusia untuk tetap menjaga atau merawat alam sekitar. Contohnya adalah Perkebunan dan reboisasi.

 

Pembahasan

Suatu lingkungan dapat bersifat dinamis dan memiliki kemampuan untuk mendukung kelangsungan hidup makhluk hidup di dalamnya. Hal itulah yang disebut denga  daya dukung lingkungan. Lingkungan memiliki kemampuan untuk mengembalikan kondisi lingkungan ke keadaan yang seimbang. Kemampuan tersebut terjadi ketika lingkungan mendapat gangguan atau kerusakan sampai batas tertentu yang disebut daya lenting lingkungan.

Keseimbangan lingkungan akan tercapai apabila terdapat interaksi organisme dangan faktor lingkungan dan interaksi antarkomponen dalam suatu lingkungan dapat berjalan dengan proporsional.

Interaksi merupakan hubungan antar dua komponen yang bisa saja saling menguntungkan, merugikan ataupun tidak keduanya. Interaksi dapat terjadi antara komponen hidup (biotik) dengan komponen biotik dan komponen biotik dengan komponen abiotik (benda mati).