Latar Belakang dan Kronologi Pertempuran Medan Area – Materi Sejarah Kelas 11

Latar Belakang Pertempuran Medan Area

Apa yang dimaksud dengan peristiwa Medan Area? Jadi, peristiwa ini bermula dari datangnya pasukan Sekutu ke Indonesia pada tanggal 9 Oktober 1945 yang dipimpin oleh T.E.D. Kelly. Sekutu datang ke Sumatera Utara dengan alasan ingin mengurus tawanan yang berada di Indonesia.

Pada awalnya, kedatangan sekutu ini diterima nih guys, oleh gubernur Sumatera Utara, Teuku Moh. Hassan. Namun, pada tanggal 13 Oktober 1945 pasukan sekutu dan Netherland Indies Civil Administration (NICA) diketahui telah mempersenjatai KNIL.

latar belakang pertempuran medan area zenius
Ilustrasi menuju pertempuran (Dok. Freepik).

Elo tahu nggak apa itu KNIL? Yap, betul sekali! Koninklijk Nederlands Indisch Leger (KNIL) merupakan tentara kerajaan Hindia Belanda yang berisi orang-orang Indonesia.

Akibat kejadian tersebut, maka timbul pertentangan yang membuat Barisan Pemuda Indonesia (BPI) dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) segera mengambil sikap.

Meski begitu, Indonesia tidak begitu saja langsung menyerang sekutu lho, guys! Tapi, Indonesia menunggu sekutu melakukan ulah terlebih dahulu.

Hingga akhirnya, terjadi sebuah Insiden Merah Putih. Yap, tepat pada tanggal 13 Oktober 1945 tentara sekutu telah menginjak-injak lencana merah putih yang dipakai oleh seorang pemuda Indonesia. Hal ini tentu saja membuat orang Indonesia marah, guys! Alhasil, 96 orang tentara sekutu tewas.

Sekutu pun tidak tinggal diam dan langsung mengeluarkan sejumlah ultimatum. Isi ultimatum tersebut yakni Indonesia disuruh untuk menyerah dan tidak diperbolehkan membawa senjata. Well, tentu saja ultimatum tersebut ditolak mentah-mentah oleh rakyat Indonesia.

Akhirnya pada tanggal 1 Desember 1945, orang-orang Belanda memasang papan-papan yang bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area di sekitar kota Medan.

Kemudian, pada tanggal 10 Desember 1945 sekutu dan NICA mulai melakukan penyerangan terhadap TKR. Namun penyerangan ini berujung gagal nih, guys! Indonesia menang dan salah seorang perwira Inggris ditawan.

kronologi pertempuran medan area
Ilustrasi pertempuran (Dok. Freepik).

Meskipun begitu, Sekutu masih terus menyerang pasukan RI. Hingga akhirnya pada bulan April 1946, pasukan RI terpaksa mundur ke Pematang Siantar.

Baca Juga: Romusha dalam Masa Pendudukan Jepang di Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11

Lantas, apakah Indonesia menyerah begitu saja?

Tentu saja tidak, melainkan dibentuklah Komando Resimen Laskar Rakyat Medan Area. Hingga pada tanggal 15 Februari 1947, Komite Teknis Gencatan Senjata mengadakan negosiasi untuk mengakhiri Pertempuran Medan Area.

Alhasil, pada tanggal 10 Maret 1947 ditetapkanlah batas-batas daerah untuk menentukan kepemilikan daerah antara Sekutu & NICA dan milik TKR.

Eitss, meski telah diberi batasan, tetapi perselisihan antara Indonesia dan Belanda masih terus berlangsung, lho! Hingga 4 bulan kemudian, barulah pertempuran ini dinyatakan berakhir. Belanda pun segera memimpin Agresi Militer Belanda I setelah berakhirnya peristiwa ini.

pertempuran medan area
Ilustrasi kelompok tentara (Dok. Freepik)

Baca Juga: Latar Belakang Perang Dunia 1 dan Kronologinya – Materi Sejarah Kelas 11

Tokoh-Tokoh Pertempuran Medan Area

Berikut ini merupakan tokoh-tokoh Pertempuran Medan Area:

  • Brigjen. T.E.D. Kelly
  • Ahmad Tahir
  • Abdul Karim M. S.
  • Dr. Ferdinand Lumbantobing
  • R. Soehardjo Hardjowardojo
  • Mayor Jendral Suhardjo Hardjo Wadjojo

Contoh Soal Pertempuran Medan Area

  1. Pertempuran Medan Area terjadi antara rakyat Indonesia dengan ….

A. BFO

B. KTN

C. NICA

D. Sekutu

E. Sekutu dan NICA

Jawaban: 

Setelah Perang Dunia II selesai dan Jepang menyerah, sekutu menetapkan bahwa Hindia-Belanda akan jatuh di bawah administrasi South East Asia Command. Namun, pada saat itu Indonesia telah merdeka pada 17 Agustus 1945. Hal ini membuat tentara Indonesia melancarkan serangan pada 13 Oktober 1945 terhadap NICA dan sekutu yang mendarat di sana. Maka, jawaban yang tepat adalah E. Sekutu dan NICA.