Mengenal Apa Itu Siswa Eligible, Syarat dan Penentuannya di SNMPTN 2022

Apa Itu Siswa Eligible

Elo mungkin bertanya-tanya sebetulnya apa itu eligible? Apakah siswa eligible pasti lolos SNMPTN?

Berdasarkan sosialisasi Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof Dr Budi Prasetyo Widyobroto, siswa yang eligible SMNPTN adalah para calon pendaftar SNMPTN tahun 2022. SNMPTN akan difokuskan untuk menyaring siswa yang unggul di sekolahnya.

Eligible adalah kata yang diserap dari bahasa Inggris dan merupakan kata sifat. Arti eligible dalam bahasa Indonesia adalah memenuhi syarat.

Dalam konteks SNMPTN, siswa eligible adalah siswa yang dinyatakan layak untuk mengikuti pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Artinya, siswa eligible SNMPTN adalah siswa yang dinyatakan layak untuk mengikuti pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi.

Siswa eligible ditentukan oleh beberapa hal, seperti kuota sekolah. Nah, apa saja syarat siswa eligible lainnya? Lanjut ke bawah, ya.

LTMPT juga memberikan pengumuman terkait jalur masuk PTN tahun 2022, yaitu:

• Jalur SNMPTN: kuota minimal 20%

• Jalur SBMPTN: kuota minimal 40%

• Jalur Seleksi Mandiri: kuota maksimal 30%

Syarat Siswa Eligible SNMPTN

siswa eligible
Jadwal SNMPTN.

Siswa eligible ditentukan oleh LTMPT yang akan menghitung kuota berdasarkan data akreditasi dan total jumlah siswa di sekolah, agar dapat juga memutuskan jumlah siswa yang bisa melakukan pendaftaran SNMPTN 2022.

Misalnya, terdapat SMA dengan akreditasi A dengan jumlah siswa kelas 12 sebanyak 90 orang. Maka, sekolah tersebut akan memperoleh kuota masing-masing jurusan sebanyak 40 persen.

Apakah siswa eligible pasti lolos SNMPTN? Cek aturan kuota siswa eligible di tiap sekolah yang dikeluarkan LTMPT antara lain:

• Kuota sekolah akreditasi A: 40%

• Kuota sekolah akreditasi B: 25%

• Kuota sekolah akreditasi C dan tidak terakreditasi: 5%

Kebijakan kuota sekolah memang ditentukan oleh LTMPT. Namun, siswa yang berhak mendaftar akan ditentukan pihak sekolah, karena kemungkinan ada siswa yang tidak ingin mendaftar SNMPTN.

Pemilihan siswa yang eligible untuk SNMPTN 2022 tidak harus siswa yang berada di peringkat 1 – 40. Siswa eligible mendaftar SNMPTN 2022 ditentukan pihak sekolah.

Tahapan input data siswa saat SNMPTN 2022 memang dilakukan pihak sekolah. Namun, tidak semua data siswa dapat dimasukkan terkait faktor efisiensi.

Pihak sekolah bisa menentukan siswa-siswi yang eligible untuk mendaftar SNMPTN setelah pihak LTMPT mengumumkan kuota pendaftaran sekolah.

Siswa yang tidak eligible, tidak dapat mendaftar SNMPTN 2022. Semoga elo salah satu yang masuk ya, Sobat Zenius.

Cara Cek Kuota Siswa Eligible

Siswa eligible
Cek Kuota Sekolah SNMPTN. (Dok. LTMPT)

Cara cek kuota siswa eligible pada SNMPTN, yaitu kuota sekolah yang bisa mendaftar SNMPTN 2022 berbeda-beda. Terdapat dua cara untuk memeriksa data kuota siswa yang eligible:

1. Mengecek melalui situs website LTMPT

2. Mengecek melalui situs website Kemdikbud

Sebetulnya info cek kuota sekolah merupakan info tambahan aja untuk Sobat Zenius.

Gimana Sobat Zenius, pembahasan mengenai apa itu siswa eligible sudah jelas kan? Sekarang gue mau mengingatkan elo apa yang dimaksud dengan SNMPTN?

Serta bagaimana kaitannya dengan eligible SNMPTN?

Apa yang Dimaksud dengan SNMPTN

Gue tahu kalau elo sebetulnya sudah tahu apa yang dimaksud dengan SNMPTN, ini hanya mau mengingatkan saja.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur masuk PTN pilihan elo.

SNMPTN adalah jalur pertama untuk dapatkan PTN impian, setelah SNMPTN ada SBMPTN, kemudian jalur mandiri di PTN.

Untuk mengikuti SNMPTN yang elo butuhkan nilai rapor yang baik dari kelas 10, ini tiang utama sukses SNMPTN.

Berikutnya elo juga perlu tahu nih indeks atau akreditasi sekolah, keputusan dari pihak otoritas yang menyelenggarakannya.

Kemudian elo perlu strategi memilih PTN dan jurusan yang mempunyai peluang lulus SNMPTN yang besar, guna mengantisipasi salah pilih jurusan, tipsnya ada di sini.

Ketentuan Pendaftaran SNMPTN 

Secara kita ketahui bersama kalau jalur masuk SNMPTN itu memiliki ketentuan tersendiri. Berbeda dengan jalur masuk lainnya, SNMPTN diseleksi berdasarkan nilai rapor dan portofolio.

Selain itu, nggak semua siswa bisa ikutan mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN. Kalau SBMPTN dan jalur mandiri biasanya melalui tes lebih dulu.

Terkesannya yang ikut hanya siswa yang terpilih, ya? Memang sih, tapi gue sih yakin kalau Sobat Zenius belajar dengan sungguh bukan hanya pada kelas 12 melainkan sejak kelas 10.

Satu sekolah kuota siswa yang diizinkan mendaftar SNMPTN berkisar 5%–20%, itu pun tergantung akreditasi sekolahnya.

Kalau suatu sekolah terakreditasi A, dapat mengikutsertakan lebih banyak siswanya untuk mengikuti seleksi SNMPTN, dibandingkan sekolah dengan akreditasi C atau belum terakreditasi.

Bagaimana kalau nilai rapor elo sama dengan siswa lain, sementara kuota sekolah untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022 terbatas?

Dalam hal ini sekolah dapat menambahkan kriteria lain. Kriteria siswa eligible yang ditentukan oleh sekolah ini bisa berupa prestasi akademik tambahan sehingga memperoleh urutan peringkat yang baru.

Kuota eligible SNMPTN sekolah tetap memenuhi persentase yang telah ditetapkan oleh LTMPT.

Proses seleksi belum berhenti sampai di akreditasi sekolah saja. Siswa yang sudah dinyatakan lolos akan menjalani proses ranking dengan peserta dari seluruh sekolah di Indonesia.