Mengenal Cara Baca Angka Romawi dan Contoh Hitungnya

Macam-Macam Angka Romawi

Sebelum menulis menggunakan angka romawi, ada baiknya kamu mengenal dan menghafal bentuk-bentuk angka romawi di bawah ini:

Sebenarnya tidaklah sulit untuk membaca angka romawi. Namun karena barangkali kita jarang menggunakannya dalam keseharian, kita jadi lupa dan sering tertukar. Berikut aku bagikan sedikit kiat yang bisa kalian gunakan sebagai bahan

Peraturan Menggunakan Angka Romawi

Nah, tadi kamu udah tau kalau bilangan romawi punya tujuh simbol penting. Karena simbol dalam angkanya terbatas, maka untuk menulis angka romawi ada beberapa peraturan yang harus kamu pahami dan ikuti.

Berikut ini adalah beberapa peraturan dalam menggunakan angka romawi, di antaranya adalah:

  • Penjumlahan Dimulai dengan Angka yang Lebih Besar

Sederhananya, penjumlahan dalam angka romawi terdiri dari angka besar yang kemudian diikuti oleh angka kecil.

Maksudnya gimana tuh? Jadi gini misalkan kamu bertanya-tanya, XI angka berapa ya?

Maka simbol pertama yang kamu baca adalah simbol X (angka 10) diikuti dengan simbol I (angka 1).

  • Artinya: XI = X + I = 10 + 1 = 11.

Contoh lain dalam peraturan ini adalah sebagai berikut:

  • VI: 5 + 1 = 6
  • MDC: 1000 + 500 + 100 = 1600
  • LXXX: 50 + 10 + 10 + 10 = 80

Perlu kamu ingat juga bahwa penambahan dalam simbol angka romawi selalu berada di sebelah kanan.

Jadi semakin kanan angka romawi dalam sebuah simbol akan semakin kecil nilainya.

Sekarang aku mau tes pemahaman kamu dalam menulis angka romawi. Kali ini coba tulis angka romawi 2020 dengan menggunakan prinsip penjumlahan dan dimulai dari angka yang lebih besar.

Untuk mempermudah menjawab angka romawi 2020, coba pecah dahulu mulai dari yang terbesar.

Nilai 2020 = 1.000 + 1.000 + 10 + 10

Maka angka romawi 2020 adalah M + M + X + X = MMXX.

  • Pengurangan Dimulai dengan Angka yang Lebih Kecil

Peraturan selanjutnya adalah mengenai sistem pengurangan dalam angka romawi.

Jika kamu mendapati ada angka yang lebih kecil sedang berada di depan angka besar (di sebelah kiri), artinya sedang terjadi pengurangan di situ.

Namun satu hal yang perlu kamu ingat, pengurangan hanya bisa terjadi sekali dan dalam jarak yang tidak jauh.

Misalkan satuan bisa dikurangi satuan atau ribuan bisa dikurangi ratusan.

Peraturan ini bisa kamu gunakan, misalnya kamu bingung, angka 9 romawi gimana ya?

Atau apa simbol dari angka romawi 4?

Nah di daftar tujuh simbol di atas kan gak ada tuh angka 9 dan angka 4. Gampangnya gini nih:

  • Tulis dulu angka 10 atau simbol X
  • Kemudian pikirkan, kira-kira 10 dikurangi berapa hasilnya 9
  • Artinya 10 dikurangi 1
  • Maka tulis X dengan simbol I di sebelah kiri = IX

Artinya IX adalah angka romawi dari 9.

Ini juga cara yang sama untuk menulis angka romawi 4, berikut langkahnya:

  • Tulis dulu angka 5 atau simbol V
  • Kemudian pikirkan kira-kira 5 dikurangi berapa hasilnya 4
  • Artinya 5 dikurangi 1
  • Maka tulis V dengan simbol I di sebelah kiri = IV

Artinya IV adalah angka romawi 4.

Contoh lainnya dalam menulis angka romawi menggunakan sistem pengurangan, bisa kamu lihat di daftar berikut ini:

  • XL = 50 – 10 = 40
  • XC = 100 – 10 = 90
  • MCM = 1000 + (1000 – 100) = 1900

Kalau kamu sudah menghafalkan bentuk dan aturan dalam menulis angka romawi akan sangat mudah bagi kamu akan bisa menulis angka menggunakan angka romawi.

Contohnya adalah seperti ini:

Daftar Simbol dalam Angka Romawi
Daftar Simbol dalam Angka Romawi

Untuk mempermudah kamu untuk menghafal angka romawi, berikut ini adalah tabel perkalian dengan menggunakan angka romawi, yang bisa kamu hafalkan.

tabel perkalian dalam angka romawi
tabel perkalian dalam angka romawi

Kategori Angka Romawi yang Rumit

jam dengan angka romawi
Jam adalah instrumen keseharian yang masih melibatkan peninggalan angka romawi (Source: Pixabay).

Di awal artikel tadi kamu udah memahami simbol dalam angka romawi. Tapi gimana ya kalau kamu pengen mengetahui atau tiba-tiba ketemu sama angka romawi kayak gini: MCMLXXXIV.

Kira-kira berapa ya ini?

Okay, bilangan tersebut tampaknya akan rumit jika kamu baca langsung begitu saja. Tapi tidak ada yang tidak mungkin kan. Kamu bisa coba perlahan dengan memecah bilangan tadi satu per-satu.

Jadinya akan seperti ini:

  • M + CM + L + X + X + X + IV atau
  • 1000 + 900 + 50 + 10 + 10 + 10 + 4 = 1984

Kurang lebih begitu sih sederhananya. Sebenarnya masih ada simbol lain dari angka romawi tetapi cukup jarang digunakan dalam bahasa sehari-hari.

Nah kalau kamu masih penasaran tentang bilangan romawi, kamu juga bisa akses materi yang lebih lengkap soal membaca angka romawi yang sudah dibahas oleh salah seorang tutor Zenius di link ini.

Untuk dapat menguasai angka romawi sebenarnya tidak sulit. Sebagaimana trik dalam mempelajari bahasa yang lain, kamu hanya perlu untuk lebih sering dalam mempraktikkannya.

Semakin sering kamu melakukannya, kamu akan semakin mudah dalam menguasainya.

Bagaimanapun juga angka romawi atau bahasa Latin adalah salah satu peninggalan dari peradaban manusia.

Hari ini mungkin semakin sedikit orang yang bisa memahaminya. Terlebih lagi karena bahasa latin bukan merupakan bahasa pergaulan.

Dan salah satu upaya untuk melestarikan angka romawi adalah dengan mempelajari dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sama halnya ketika kamu mengetahui adanya bahasa daerah di Indonesia yang juga terancam punah karena kehilangan penutur.

Kalau kamu memiliki perhatian khusus terhadap kelestarian bahasa yang ada di dunia, cobalah untuk melakukan upaya pelestarian yang sederhana terlebih dahulu dengan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Oh iya, selain materi Matematika tentang angka romawi, kamu bisa mengasah kemampuan matematika kamu dari materi yang lain lho.