Mengenal Senyawa Hidrokarbon – Materi Kimia Kelas 11

Apa Itu Hidrokarbon?

Hidrokarbon itu apa sih? Senyawa hidrokarbon merupakan senyawa yang komponen penyusunnya terdiri dari atom karbon (C) dan hidrogen (H).

Atom karbon bergabung untuk membentuk suatu kerangka senyawa, kemudian atom hidrogen menempel dalam berbagai konfigurasi yang berbeda, seperti ini komponen keduanya: CxHy.

Selain senyawa hidrokarbon banyak terdapat pada materi yang telah disebutkan di pendahuluan, ada juga lho yang terdapat pada pohon atau tumbuhan. Misalnya struktur kimia yang terdapat pada karoten dalam wortel dan daun hijau. Kamu bisa lihat struktur karoten berikut ini.

senyawa hidrokarbon
Senyawa hidrokarbon pada karoten dalam wortel

Klasifikasi Senyawa Hidrokarbon

Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, seorang ahli kimia pada abad ke-19 mengklasifikasi senyawa hidrokarbon secara umum dibedakan menjadi dua jenis, yaitu alifatik dan aromatik. Alifatik merupakan senyawa ini yang diperoleh dari lemak atau minyak.

Sedangkan, Aromatik merupakan senyawa yang diperoleh dari ekstrak tumbuhan yang menghasilkan bau harum. Hidrokarbon aromatik memiliki tingkat stabilitas yang lebih baik.

Senyawa Hidrokarbon Alifatik

Senyawa hidrokarbon alifatik terbagi menjadi tiga, yaitu alkana, alkena, dan alkuna. Ketiganya dibedakan berdasarkan ikatan yang dikandungnya. Nah, di sini akan dibahas ketiga jenis senyawa tersebut.

Alkana

Alkana adalah jenis hidrokarbon alifatik yang semua ikatannya tunggal. Contohnya adalah metana (CH4), etana (C2H6), dan propana (C3H8). Yap, dari ketiga contoh senyawa tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa penggalan akhir dari senyawa Alkana adalah –ana. Rumus umum Alkana adalah, sbb:

rumus alkana hidrokarbon

Alkena

Alkena biasa juga disebut sebagai olefin adalah jenis hidrokarbon yang memiliki dua rangkap ikatan. Alkena dan alkuna masuk ke dalam hidrokarbon alifatik tak jenuh. Penggalan akhir dari senyawa Alkena adalah –ena. Rumus umumnya adalah, sbb:

rumus alkena hidrokarbon

Alkuna

Alkuna atau biasa disebut asetilena merupakan jenis hidrokarbon yang memiliki ikatan rangkap tiga. Penggalan akhir dari senyawa Alkuna adalah -una. Rumus umumnya bisa elo lihat sbb:

rumus alkuna hidrokarbon

Senyawa Hidrokarbon Aromatik

Aromatik yang paling sederhana adalah Benzena (C6H6). Senyawa tersebut diperoleh dari degradasi kimiawi getah benzena, memiliki aroma yang dipancarkan dari pohon. Selain itu, ada juga toluena (C6H5CH3) yang berasal dari zat pada pohon Amerika Tengah dan biasa digunakan untuk wewangian.

Kedua senyawa tersebut menghasilkan aroma meskipun tidak berbau harum. Sehingga, istilah aromatik diartikan sebagai senyawa yang diturunkan dari benzena. Ikatan yang mengandung cincin disebut benzenoid dan yang tidak mengandung cincin disebut non-benzenoid.

Senyawa aromatik atau Arena mengandung cincin benzena. Selain benzena, contoh lain dari senyawa ini adalah toluena dan naftalena. Berikut ini merupakan contoh Arena.

senyawa hidrokarbon aromatik

Bisa dilihat pada struktur tersebut bahwa masing-masingnya terdapat cincin benzena. Berarti Benzena, Toluena, dan Naftalena masuk ke dalam benzenoid.

Aplikasi Senyawa Hidrokarbon dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah elo mengetahui pengertian dan jenisnya, sekarang giliran elo mengetahui aplikasi senyawa ini dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini contoh yang biasa kita temukan.

senyawa hidrokarbon
Lilin parafin termasuk pengaplikasian senyawa hidrokarbon (Dok. pixabay.com/Ri_Ya)

Gas Alam dan Bahan Bakar

Sebagian besar sumber bahan bakar alami yang kamu gunakan ternyata berasal dari senyawa ini lho, Sobat Zenius.

Contohnya gas LPG, kerosin atau minyak tanah, solar, dan minyak pelumas. Elo tentu tau kalau minyak bumi termasuk hasil dari penguraian bahan-bahan organik dari tumbuhan dan hewan (makhluk hidup) di darat dan di laut yang telah berlangsung selama berjuta-juta tahun.

Di sinilah mikroorganisme pengurai berperan untuk mengubah senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana atau menjadi hidrokarbon. Akibat tekanan dan pengaruh suhu, maka terbentuklah minyak bumi.

Plastik

Zat plastik yang elo gunakan saat berbelanja atau menyimpan sesuatu merupakan monomer rantai panjang petrokimia yang termasuk dalam senyawa yang memiliki sifat berikatan dengan dirinya sendiri atau katenasi ini.

Aspal

Aspal atau bahasa lainnya adalah bitumen, merupakan cairan kental berwarna hitam yang biasa digunakan untuk mengikat dan mengeraskan dalam pembangunan jalan. Aspal juga merupakan senyawa hidrokarbon dengan mengandung sedikit sulfur, oksigen, dan klor.

Parafin

Lilin parafin adalah nama umum senyawa hidrokarbon alkana. Tadi elo udah belajar tentang rumus umum alkana, ‘kan? Molekul parafin yang paling sederhana adalah CH4 atau metana.