Mengenal Teks Prosedur, Ciri-Ciri, Struktur & Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 7

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah sebuah bahan tertulis yang dijadikan dasar untuk menjelaskan tahap kegiatan dalam menyelesaikan suatu aktivitas. Tujuan dari teks prosedur adalah menjelaskan bagaimana kegiatan harus dilakukan, agar pembaca dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat.

Contoh simpelnya itu petunjuk cara memasak mie instan. Tentu kamu pernah masak mie instan dong, ya. Nah, di bagian belakang kemasan mie instan itu, ada petunjuk bagaimana cara memasak mie instan yang tepat, mulai dari takaran air sampai lama waktu merebus mie. Tujuannya ya supaya kita jadi tau proses memasak mie instan yang benar. Jadi, mie nya nggak akan kematangan, atau bahkan belum matang.

 

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan jenis teks yang lain, di antaranya sebagai berikut:

1. Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif) yang harus ditaati dalam pelaksanaan teks prosedur.

2. Terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan.

3. Menggunakan kata kerja aktif.

4. Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan.

5. Terdapat aturan atau batasandalam hal bahan atau kegiatan yang dilakukan.

6. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat, dan cara yang akurat.

7. Terdapat isi kegiatan yang dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips).

 

 

 

Struktur Teks Prosedur

Kemudian, teks prosedur juga memiliki struktur penulisan, nih. Ada empat bagian, yaitu tujuan, alat dan bahan, langkah pengerjaan, dan penutup.

1. Tujuan

Berisi hal yang ingin dilakukan. Nah, tujuan teks prosedur ini disesuaikan dengan jenis teks-nya yah. Bisa untuk menggunakan suatu alat, membuat makanan, minuman, kerajinan, atau melakukan sesuatu.

2. Alat dan Bahan

Struktur teks prosedur ini isinya tentu memuat segala alat dan bahan yang diperlukan. Bedanya alat dan bahan itu apa, sih? Kalo alat-alat itu berkaitan dengan benda yang nggak bakal habis atau berkurang ketika kita pakai. Misalnya, alat yang digunakan untuk memasak, ada wajan, pisau, talenan, mangkok, dsb. Sementara itu, bahan-bahan merupakan sesuatu yang akan berkurang ataupun habis ketika dipakai. Misalnya, bahan yang digunakan untuk membuat roti, berarti ada tepung terigu, gula, garam, mentega, telur, dsb.

3. Langkah-langkah

Berisi urutan langkah secara rinci dan bertahap. Jadi, step by step gitu, lho! Hehe… Hal ini bertujuan untuk membuat suatu kejadian menjadi runtut, sehingga tujuan teks prosedur bisa tercapai.

4. Penutup/Simpulan

Struktur teks prosedur yang terakhir ada penutup atau kesimpulan. Isinya ya berupa simpulan dari suatu prosedur yang udah dilakukan, ya. Bagian ini juga biasanya berisi harapan atau manfaat yang didapat, jika langkah-langkah pada teks prosedur dilakukan dengan baik.

 

 

 

Contoh Teks Prosedur dalam Melakukan Pekerjaan

Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Tujuan

Setiap orang harus memerhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan. Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Langkah-Langkah

  1. Basahi tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir, lalu  tuangkan sabun ke telapak tangan, dua sampai tiga tetes.
  2. Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan secara bergantian.
  3. Kemudian, gosok punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
  4. Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari pada masing-masing ruas jari.
  5. Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu gosoklah secara perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.
  6. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari tangan sebelah kanan.
  7. Gosokkan telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari tangan kanan begitu juga sebaliknya.
  8. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.