5 Contoh Model Atom dan Ciri-Cirinya – Materi Kimia Kelas 10

Model Atom Dalton Pada tahun 1803, muncul teori bahwa atom merupakan bola padat, model atom tersebut dikemukakan oleh seorang ilmuwan asal Inggris yaitu John Dalton. Dalton menggambarkan atom sebagai bola pejal yang tidak bermuatan dan bersifat identik, sehingga setiap unsur kimia memiliki atom yang berbeda juga. Tidak hanya itu, menurut ... Read more

Read More »

Rumus Momentum dan Impuls – Materi Fisika Kelas 10

Apa Itu Momentum? Oke, kita semua tau kalau benda akan bergerak ketika ada gaya yang bekerja padanya. Nah gaya sendiri dipengaruhi oleh massa dan percepatan. Hayoo.. Masih ingat materi gaya kan? Yang lupa-lupa ingat, coba buka lagi pelajaran SMP tentang gaya >> Bab 07 Gaya. Lalu, momentum sendiri dipengaruhi oleh apa ... Read more

Read More »

Pertumbuhan Primer dan Sekunder Tumbuhan – Materi Biologi Kelas 11

Apa itu Pertumbuhan? Tapi, sebelum gue lebih jauh membahas materi pertumbuhan primer dan sekunder tumbuhan, ada baiknya elo memahami dulu pengertian dasar dari pertumbuhan. Kalo gue tanya, apa sih artinya pertumbuhan menurut elo? Kalau elo punya jawaban yang kurang lebih menggambarkan pertumbuhan sebagai proses dari kecil menjadi besar, elo sudah benar, tapi masih bisa lebih dilengkapi nih. Menurut Purnamasari dalam Modul ... Read more

Read More »

Materi 4 Ide Pokok Paragraf: Pengertian dan Contoh Soal

4 Ide Pokok Paragraf dan Contoh Soalnya Paragraf Deduktif Sederhananya, pada paragraf deduktif ide pokok kalimat tersebut terletak pada awal tulisan. Karena disampaikan di awal, alur tulisannya pun menjadi khusus – umum. Maksudnya, hal-hal yang sifatnya inti disampaikan terlebih dahulu sebelum kemudian dimasukkan hal-hal yang sifatnya mendukung. Lebih jelasnya, coba simak contoh soal ... Read more

Read More »

Rumus Persamaan Garis Singgung Lingkaran dan Contoh Soal – Materi Matematika Kelas 11

Persamaan Garis Singgung Lingkaran Apa sih garis singgung lingkaran? Garis singgung lingkaran merupakan garis yang menyentuh lingkaran tepat di satu titik. Maksudnya gimana, tuh? Nah, coba deh elo lihat ilustrasi di bawah ini! Persaamaan Garis Singgung Lingkaran (Arsip Zenius) Bagaimana? Setelah melihat gambar sepeda di atas, pasti elo udah mulai ... Read more

Read More »

Passive Voice – Pengertian, Rumus, Ciri, dan Contoh Kalimat – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Berdasarkan pengertiannya, “A passive voice occurs when you make the object of an action into the subject of a sentence”. Apabila diartikan, maka passive voice merupakan sebuah kalimat yang menjadikan sebuah objek menjadi subjek. Adapun fungsi passive voice yakni untuk menunjukkan ketertarikan pada objek yang dikenai tindakan dan bukan objek yang melakukan tindakan. Maksudnya gimana? ... Read more

Read More »

Rumus Nilai Rata-Rata: Aritmatika, Geometri, dan Harmoni

Rumus Nilai Rata-Rata Rumus Rata-Rata Hitung (Aritmatika) atau jika pakai notasi Sigma menjadi  = rata-rata hitung  = data x ke-i  = jumlah data Penghitungan rata-rata hitung dilakukan dengan menjumlahkan seluruh nilai data suatu kelompok data, kemudian dibagi dengan jumlah data tersebut. Langsung aja cek contoh dan pembahasan soal di bawah ... Read more

Read More »

Rumus Belah Ketupat – Luas, Keliling, Contoh Soal, dan Pembahasan

Apa itu Belah Ketupat? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), belah ketupat didefinisikan sebagai bangun datar, bersegi empat, sisinya berhadapan sejajar dan sama panjangnya. Di artikel ini kita akan bahas mengenai ciri-ciri belah ketupat, rumus belah ketupat berupa keliling belah ketupat, dan luas belah ketupat beserta contoh soalnya lho. Sama seperti bangun ... Read more

Read More »

Apa Perbedaan Objektif dan Subjektif? Yuk Cari Tahu di Sini!

Objektif dan Subjektif Apa ya perbedaan objektif dan subjektif? Bagaimanakah sikap objektif dan subjektif? Mari kita cari tahu bersama, Sobat Zenius! Objektif Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), objektif adalah mengenai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi. Sikap objektif adalah sikap yang lebih pasti, bisa diyakini keabsahannya, ... Read more

Read More »

Persamaan Linear Satu Variabel dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Persamaan linear satu variabel atau yang biasa disingkat PLSV, sering disimbolkan dengan tanda “=” (sama dengan). Sesuai namanya, PLSV mengandung 1 (satu) variabel. Pada dasarnya, persamaan linear satu variabel merupakan suatu persamaan berbentuk kalimat terbuka yang dihubungkan dengan tanda “=” (sama dengan) dan hanya memiliki 1 variabel. Maksudnya ... Read more

Read More »