3 Macam Zat, Perubahan Fisika dan Kimia

Struktur Atom

Pengertian Zat Zat atau yang dalam Bahasa Inggris adalah matter merupakan segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Ingat ya, syarat menempati ruang adalah memiliki massa dan volume. Kalau nggak punya salah satu dari syaratnya, gimana tuh? Wah, itu nggak bisa disebut sebagai zat. Karena semua zat terdiri dari atom, yang di ... Read more

Read More »

Rumus Dilatasi Matematika & Contoh Soal

Struktur Atom

Konsep dan Pengertian Dilatasi  Eits, sabar dong jangan langsung ke rumus dilatasi ya. Kalian perlu tahu dulu, apa itu transformasi geometri. Begini singkatnya, Transformasi adalah perubahan dan geometri adalah ilmu ukur atau cabang ilmu matematika yang membahas tentang garis, sudut, bidang, dan ruang. Jadi, dapat disimpulkan transformasi geometri ini membahas proses ... Read more

Read More »

Konsep, Grafik, & Rumus Fungsi Kuadrat

Struktur Atom

Pengertian dan Bentuk/Rumus Fungsi Kuadrat Ilustrasi rumus-rumus Matematika (Dok. Pixabay) Sebelum melangkah lebih jauh, mungkin Sobat Zenius masih belum paham apa yang dimaksud dengan fungsi kuadrat. Fungsi kuadrat adalah fungsi polinomial yang memiliki variabel dengan pangkat tertinggi dua. Bentuk umum dari fungsi kuadrat menyerupai bentuk persamaan kuadrat. Apakah Sobat Zenius ... Read more

Read More »

Rumus Persamaan Lingkaran dan Contoh Soal – Materi Matematika Kelas 11

Struktur Atom

Definisi Lingkaran Elo udah tahu nih bagaimana bentuk lingkaran. Tapi, elo tahu gak sih definisi lingkaran itu apa? “Lingkaran adalah kumpulan titik-titik pada bidang datar (dua dimensi) dan memiliki jarak yang sama terhadap suatu titik pusat” Nah, jarak antara suatu titik dan titik pusat disebut jari-jari lingkaran. Sedangkan, garis yang ... Read more

Read More »

Rumus Volume dan Luas Permukaan Prisma Segitiga

Struktur Atom

Ciri-ciri Prisma Segitiga Rusuk Prisma Segitiga Prisma Segitiga memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 1. Memiliki 9 buah rusuk. 2. Memiliki 6 titik sudut. 3. Memiliki rusuk tegak yang sama panjang dan sejajar. 4. Memiliki alas dan atap yang kongruen. 5. Memiliki 5 buah sisi, terdiri dari 3 buah persegi panjang dan 2 buah ... Read more

Read More »

Rumus Kuat Arus Itu Apa Sih?

Struktur Atom

Apa Itu Kuat Arus? Kuat arus yang akan aku bahas di sini tentu saja arus listrik, bukan kuat arus sungai ya, guys. Hihihi. Ini merupakan salah satu komponen penting yang perlu kamu ketahui, khususnya dalam bidang ilmu Fisika. Perlu kamu ketahui bahwa arus listrik adalah banyaknya muatan listrik atau pergerakan elektron ... Read more

Read More »

Berkenalan dengan Hewan Coelenterata

Struktur Atom

Apa Itu Coelenterata? Ilustrasi kumpulan ubur-ubur (Dok. Pixabay) Coelenterata ternyata juga disebut dengan Cnidaria lho, guys. Termasuk dalam kingdom Animalia, khususnya hewan tanpa tulang belakang (invertebrata). Nama filum ini berasal dari kata coelos yang berarti rongga dan enteron yang berarti usus. Kalau diartikan secara umum yaitu hewan berongga. Nah, nama lainnya Cnidaria, yang diambil dari ... Read more

Read More »

Rangkuman Pelajaran Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 Terlengkap

Struktur Atom

Matematika Pelajaran kelas 4 SD yang pertama adalah Matematika. Kamu akan belajar banyak di mata pelajaran ini, mulai dari cara menghitung kelipatan dan mencari faktor bilangan. Terus ada juga belajar cara pengukuran. Dari materi ini, kamu bakalan bisa ngitung panjang meja, tinggi badanmu sampai berat badanmu. Selain itu pelajaran kelas 4 SD tentang ... Read more

Read More »

Ciri dan Klasifikasi Hewan Reptil – Materi Biologi Kelas 10

Struktur Atom

Apa Itu Hewan Reptil? Sebelum jauh membahas reptil, alangkah baiknya elo paham dulu tentang dasarnya, yaitu pengertian hewan reptil. Reptil merupakan salah satu kelas yang terdapat dalam filum Chordata di kingdom Animalia. Reptil berasal dari bahasa Latin yaitu reptans yang artinya melata atau merayap. Itulah mengapa anggota kelas ini berisi hewan-hewan yang ... Read more

Read More »

Pengertian Tektonisme, Proses, dan Dampaknya – Materi Geografi Kelas 10

Struktur Atom

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen Kondisi patahan di atas ada hubungannya dengan tenaga endogen. Apa sih tenaga endogen itu? Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam Bumi dan menyebabkan perubahan pada permukaan Bumi. Adanya tenaga endogen ini menyebabkan permukaan Bumi menjadi gak rata, hasilnya bisa berupa cekungan atau cembungan. ... Read more

Read More »