Pengertian Kolonialisme dan Imperialisme | Sejarah Kelas 11

Awal munculnya keinginan untuk menguasai daerah lain itu ketika jatuhnya Konstantinopel. Konstantinopel adalah tempat yang strategis untuk berdagang dan Turki Usmani ingin menaklukkannya. Akibatnya, para pedagang dan pembeli tidak bisa lagi masuk ke kota tersebut. Turki Usmani adalah sebutan untuk para penguasa dan militer kesultanan Turki, sedangkan Konstantinopel merupakan ibu kota Kekaisaran Romawi sekaligus kota terbesar dan termakmur di Eropa.

Setelah ditaklukkannya Konstantinopel, bangsa Eropa menjadi bingung harus mencari ke mana untuk memenuhi komoditas rempah-rempah, padahal di masa itu rempah-rempah sangat tinggi nilai jualnya di Eropa. Kemudian bangsa Eropa mulai melirik Indonesia, karena keberadaan Indonesia sebagai penghasil rempah-rempah terbaik mulai terdengar bangsa Eropa. Pada akhirnya, Indonesia menjadi rujukan orang-orang Eropa untuk membeli rempah-rempah dan memenuhi kebutuhan mereka.

Selain Indonesia memiliki rempah-rempah yang terbaik dan melimpah, masyarakatnya juga ramah dan baik sekali menyambut orang-orang Eropa yang berdatangan. Karena hal itu, mulai banyak armada-armada milik bangsa Eropa yang menepi ke Indonesia. Kejadian ini erat kaitannya dengan penjelasan pengertian kolonialisme dan imperialisme.

Pengertian Kolonisme dan Imperialisme Bangsa Barat

  • Pengertian Kolonialisme

RG Squad harus tahu kalau Kolonialisme berasal dari kata Koloninah koloni menurut bahasa latin artinya pemukiman. Upaya yang dilakukan negara-negara penguasa dalam rangka menguasai suatu daerah/wilayah untuk mendapatkan sumber daya disebut kolonialisme.

Kolonialisme umumnya dilakukan oleh negara-negara yang memiliki kekuatan militer yang kuat. Contohnya seperti Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Negara-negara tersebut berhasil menguasai negara-negara lainnya termasuk Indonesia.

  • Pengertian Imperialisme

Selanjutnya, Imperialisme merupakan istilah yang berasal dari kata “imperator” artinya memerintahNah, berarti Imperialisme itu adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya. Imperialisme sudah ada sejak abad ke 19 lho, pada awalnya dicetuskan oleh Benjamin Disraeli yang merupakan Perdana Menteri Inggris saat itu. Imperialisme dibagi menjadi 2 yaitu berdasarkan waktu dan tujuannya, yaitu:

  • Imperialisme berdasarkan waktunya
  1. Imperialisme kuno, muncul sebelum revolusi industri di Inggris yang terdorong oleh 3G yaitu GoldGospel dan Glory.
  2. Imperialisme modern, muncul setelah revolusi industri. Terdorong karena faktor ekonomi dan kebutuhan industri pada waktu itu.
  • Imperialisme berdasarkan tujuan
  1. Imperialisme politik, untuk menguasai seluruh kehidupan politik suatu negara
  2. Imperialisme ekonomi, untuk menguasai sektor perekonomian negara lain
  3. Imperialisme kebudayaan, untuk menguasai nilai-nilai kebudayaan suatu negara
  4. Imperialisme militer, untuk menguasai negara lain karena dianggap memiliki wilayah strategis yang bisa memperkuat pertahanan

 

 

Bagaimana RG Squad? Sudah semakin paham ‘kan pengertian imperialisme dan kolonialisme. Ternyata kolonialisme dan imperialisme itu berdampak buruk lho terhadap negara-negara yang dikuasai. Sehingga banyak kerugian yang dialami ketika negara-negara penguasa itu berhasil melancarkan serangannya.