Pertumbuhan Primer dan Sekunder Tumbuhan – Materi Biologi Kelas 11

Apa itu Pertumbuhan?

Tapi, sebelum gue lebih jauh membahas materi pertumbuhan primer dan sekunder tumbuhan, ada baiknya elo memahami dulu pengertian dasar dari pertumbuhan.

Kalo gue tanya, apa sih artinya pertumbuhan menurut elo? Kalau elo punya jawaban yang kurang lebih menggambarkan pertumbuhan sebagai proses dari kecil menjadi besar, elo sudah benar, tapi masih bisa lebih dilengkapi nih.

Menurut Purnamasari dalam Modul Pembelajaran SMA Biologi (2020), pertumbuhan adalah proses pertambahan tinggi, berat, volume, atau massa tubuh pada makhluk hidup yang bersifat kuantitatif (dapat diukur dan dihitung dengan angka) dan irreversible (tidak dapat balik ke kondisi semula).

Jadi, jika suatu tumbuhan mengalami penambahan ukuran pada tinggi, lebar, atau beratnya, maka tumbuhan itu mengalami pertumbuhan.

Ilustrasi Pertumbuhan Tumbuhan (Foto: www.freepik.com by pch.vector)
Ilustrasi Pertumbuhan pada Tumbuhan (dok: pch.vector on Freepik)

Di awal artikel, gue sempet mention kalau tumbuhan itu bertumbuh selama hidupnya. Tapi pertanyaannya, emangnya umur tumbuhan sampai berapa sih?

Umur tumbuhan ternyata berbeda-beda, da tumbuhan yang hanya hidup selama satu tahun atau satu musim yang biasanya disebut dengan tanaman annual, ada yang hidup untuk dua tahun yaitu tanaman biennial, dan ada juga yang bisa hidup lebih dari dua tahun bahkan hingga ribuan tahun yaitu tanaman perennial.

Nah, karena elo sudah tahu apa itu pertumbuhan, sekarang kita lanjut mengenal tentang pertumbuhan primer dan sekunder tumbuhan yuk!

 

 

Pertumbuhan Primer pada Tumbuhan

Pertama-tama apa sih pengertian pertumbuhan primer itu? Primer dalam bahasa artinya adalah utama, artinya ini adalah jenis pertumbuhan yang menyangkut organ-organ utama pada awal hidup tumbuhan.

Pertumbuhan primer pada tumbuhan adalah pertumbuhan yang terjadi pada bagian ujung-ujung dari tumbuhan seperti pucuk atau pokok batang dan cabang, dan ujung akar di mana meristem apikal berada.

Pertumbuhan primer ini merupakan hasil dari pembelahan sel-sel meristem apikal (meristem ujung) yang merupakan daerah pusat pembelahan sel-sel.

Meristem Apikal pada Ujung Batang (Foto: sumber.belajar.kemdikbud.go.id)
Meristem Apikal pada Ujung Batang (dok: sumber.belajar.kemdikbud.go.id)

Elo sudah tahu nih apa itu pengertian pertumbuhan primer, sekarang gue akan membahas bagaimana terjadinya pertumbuhan primer pada tumbuhan ya.

Pertumbuhan primer pada tumbuhan ini dimulai dari pembelahan sel yang ada di meristem apikal.

Pembelahan meristem apikal atau meristem ujung ini ini akan membentuk meristem primer.

Aktivitas meristem primer pada tumbuhan dapat mengakibatkan pertumbuhan primer yaitu pertumbuhan dengan arah vertikal (sumbu y) yang mengakibatkan perpanjangan akar tumbuhan akan tumbuh mendekati inti bumi (ke bawah) dan daun serta batang tumbuhan menjauhi inti bumi (ke atas).

Meristem primer tumbuhan terdiri dari tiga jaringan primer yaitu:

  • Protoderm

Protoderm akan berkembang menjadi epidermis yang merupakan jaringan paling luar pada tumbuhan atau lapisan kulit terluar tumbuhan yang berguna sebagai pelindung jaringan dalam tumbuhan dan tempat pertukaran zat.

  • Prokambium

Prokambium akan membentuk pembuluh floem primer, alat pengangkut zat makanan yang dihasilkan dari proses fotosintesis tumbuhan dan xilem primer, alat pengangkut air serta zat-zat nutrisi yang terkandung di dalamnya.

  • Meristem Dasar

Meristem dasar akan berkembang membentuk jaringan dasar yang terdiri dari empulur yang dan korteks yang terdiri dari beberapa lapis sel parenkim.

 

Jaringan Epidermis pada Tumbuhan (Foto: www.amongguru.com)
Jaringan Epidermis pada Tumbuhan (Dok: Among Guru)

 

Struktur Tumbuhan Dikotil (Foto: www.dosenpendidikan.co.id)
Struktur Tumbuhan Dikotil (dok: Dosen Pendidikan)

 

Nah, dari penjelasan tentang pertumbuhan primer di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri pertumbuhan primer adalah terjadi di ujung batang dan akar.

Pertumbuhan primer pada tumbuhan juga merupakan hasil dari pembelahan sel-sel embrionik di meristem apikal, hingga menyebabkan pertambahan tinggi pada tumbuhan.

Pertumbuhan Primer pada Ujung Akar

Pertumbuhan primer pada akar terbagi menjadi 3 zona, yaitu zona meristematik, zona elongasi, dan zona diferensiasi.

Pertumbuhan akar pada masing-masing zona adalah sebagai berikut:

  • Zona meristematik atau zona pembelahan terletak di belakang tudung akar. Pemanjangan ujung akar disebabkan aktivitas meristem apikal dan meristem primer.
    Pembelahan sel-sel yang aktif pada zona ini berguna untuk memperbaiki sel-sel akar tumbuhan yang rusak di daerah ini.
  • Zona elongasi atau zona pemanjangan tersusun atas sel-sel dengan kemampuan untuk membesar dan memanjang. Zona ini berperan dalam memperpanjang struktur akar agar dapat menembus tanah lebih dalam.
  • Zona diferensiasi merupakan zona di mana sel-sel mengalami proses pendewasaan. Proses pendewasaan ini ditandai dengan terbentuknya jaringan-jaringan seperti korteks yang berasal dari jaringan dasar, epidermis dari protoderm, bulu-bulu akar dari modifikasi epidermis, dan xilem dan floem yang berasal dari prokambium.

Sehingga jika diperhatikan, bagian ujung akar merupakan bagian yang masih mudah sedangkan semakin ke atas mendekati batang, akar sudah semakin dewasa dan memiliki bagian-bagian yang lengkap.