Rangkuman Pelajaran Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 Terlengkap

Matematika

Pelajaran kelas 4 SD yang pertama adalah Matematika. Kamu akan belajar banyak di mata pelajaran ini, mulai dari cara menghitung kelipatan dan mencari faktor bilangan.

Terus ada juga belajar cara pengukuran. Dari materi ini, kamu bakalan bisa ngitung panjang meja, tinggi badanmu sampai berat badanmu.

Selain itu pelajaran kelas 4 SD tentang Matematika lainnya ada mengenal segitiga dan jajar genjang, bangun ruang dan datar sampai bilangan romawi yang bentuknya unik banget nih.

Kelipatan dan Faktor Bilangan

contoh soal matematika kelas 4 sd
Ilustrasi Kelinci Melompat  – Sumber Pixabay oleh em_framing

Suatu hari, kamu jalan-jalan dengan keluargamu ke kebun binatang. Kamu melihat seekor kelinci keluar dari kandangnya.

Kemudian kelinci itu melompat dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kamu mengukur panjang lompatan si kelinci.

Satu kali melompat, kelinci bisa pergi sejauh 1 meter. Kira-kira kalau sudah 5 kali melompat, berapa jauh ya jarak yang ditempuh kelinci?

Operasi Hitung Bilangan

Pernah gak sih terpikir olehmu kalau dalam berhitung ada beberapa peraturan yang dipenuhi.

Misalnya, ibu dari pasar membeli 3 apel kemudian ayah membeli lagi 3 apel. Maka untuk mengetahui jumlah apel ayah dan ibu harus dilakukan penjumlahan.

Atau saat nenek membeli 15 rambutan di pasar, ia ingin kelima cucunya mendapatkan jumlah rambutan yang sama. Maka 15 rambutan nenek harus dibagi 5 (jumlah cucu), dan artinya kita sedang melakukan pembagian.

Pengukuran

Kamu diminta membeli beras ke warung oleh ibu. Kemudian ibu bilang kalau beras yang kamu beli adalah seberat 2 kilo (Kg).

Di jalan, kamu berpikir. Kenapa ya kalau beli beras harus pakai kilo (Kg)?

Tapi waktu kamu diukur tinggi badan di sekolah, ibu guru menggunakan centimeter (cm).

Beli beras gak bisa pakai satuan centimeter ya? Atau mengukur tinggi badan pakai kilo (Kg)?

Segitiga dan Jajargenjang

pelajaran kelas 4 sd, segitiga jajargenjang
Ilustrasi Segitiga – Sumber Pixabay oleh ds_30

Pernah gak kamu memperhatikan kenapa ada penggaris yang bentuknya segitiga atau layar perahu yang sedang dibentangkan, bisa juga bendera pramuka.

Terus gimana ya kalau kita mau menghitung luas dan kelilingnya?

Nah, pertanyaan ini bisa terjawab kalau kamu memahami pelajaran kelas 4 SD tentang segitiga lho.

Bilangan Bulat

Di kelas 3 SD kamu pasti udah pernah belajar mengenai bilangan kan? Nah di pelajaran kelas 4 SD kamu bakal ketemu lagi nih sama si bilangan.

Tapi kamu akan belajar mengenai macam-macam bilangan. Emang bilangan banyak macamnya ya?

Oh ada dong. Contohnya gini nih, pernah gak sih kamu kepikiran kenapa ya pas ulangan nilaimu atau nilai temanmu ada koma-nya? Misal: 80,5 atau 78,5 gitu?

Pecahan

pelajaran kelas 4 sd matematika
Ilustrasi Kue Ulang Tahun – Sumber Pixabay oleh MartinL21

Suatu hari, temanmu sedang berulang tahun. Dia mengundangmu dan beberapa teman lainnya datang ke rumahnya untuk merayakan hari ulang tahunnya.

Di sana, kamu disuguhkan dengan sebuah kue. Tapi, kamu menghitung bahwa ada 8 orang teman yang datang.

Lalu ada dirimu dan temanmu yang sedang berulang tahun.

Kalau kue dibagi dengan semua orang yang datang ke pesta, kamu dapat berapa bagian ya?

Bilangan Romawi

materi pelajaran matematika kelas 4 sd
Ilustrasi Jam dengan Angka Romawi  – Sumber Pixabay oleh Ruwadium 

Kamu pernah melihat jam dengan angka seperti ini? Kalau iya, gimana orang-orang bisa tau jam ini menunjukan angka berapa?

Terus kenapa angka di jam ini bentuknya berbeda dengan angka yang sering kita pelajari?

Bangun Ruang dan Bangun Datar

contoh soal bangun ruang dan bangun datar
Ilustrasi Bangun Ruang – Sumber Pixabay oleh Counselling

Pada materi pelajaran kelas 4 SD yang terakhir, kamu akan mempelajari tentang macam-macam bangun.

Ditambah dengan perbedaan antara bangun ruang dan bangun datar.