Ringkasan Materi SBMPTN Terlengkap – Contoh Soal TPS dan TKA

Karena tinggal menghitung hari menuju UTBK SBMPTN 2022 yang sudah semakin dekat. Sebagai info nih, gue kasih tau jadwal pelaksanaan UTBK 2022 akan dibagi menjadi dua gelombang dari pertengahan Mei sampai awal Juni.

Jadwal pelaksanaan UTBK 2022 lebih detailnya sebagai berikut:

  1. Gelombang pertama: 17 Mei – 23 Mei 2022 (setiap hari dilakukan dua sesi yaitu pagi dan siang).
  2. Gelombang kedua: 28 Mei – 3 Juni 2022 (setiap hari dilakukan dua sesi yaitu pagi dan siang).

Karena tinggal beberapa bulan lagi, jadi elo harus mempersiapkan dan mempelajari materi SBMPTN sesegera mungkin. Apalagi jalur masuk SBMPTN ini memiliki kuota terbesar kalau dibandingkan SNMPTN dan Mandiri, yaitu hingga 40%.

Dengan kuota UTBK SBMPTN yang besar ini diharapkan sih, elo bisa punya kesempatan lebih besar juga supaya bisa diterima di kampus impian.

Nah, untuk mempermudah elo mempelajari materi yang sering keluar di SBMPTN, gue udah buat rangkuman materi UTBK soshum dan saintek lengkap masing-masing contoh soalnya.

Tapi sebelum masuk membahas tentang materi yang sering keluar di SBMPTN, gue mau kasih informasi mengenai tipe-tipe soal dan tingkat kesulitan soal yang akan sangat menentukan skor elo di SBMPTN 2022 kali ini.

Oke, kita mulai dari tipe-tipe soal yang ada di SBMPTN. Data yang gue cantumkan ini merujuk pada pelaksanaan SBMPTN tahun lalu ya.

Di tahun 2021, kelompok soal SBMPTN itu ada dua. Yang pertama adalah tipe soal Tes Skolastik Potensi (TPS) dan yang kedua adalah tipe soal Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Tapi kalo UTBK SBMPTN 2022 sekarang ditambah satu kelompok soal lagi nih, yaitu Bahasa Inggris.

Khusus untuk kelompok soal TPS, ini emang dirancang untuk menguji elo di tahap kemampuan dasar, seperti elogika, analisis, lain sejenisnya.

Lebih lanjut, berikut ini adalah rangkuman materi TPS yang akan keluar di SBMPTN:

  1. Penalaran Umum (PU)
  2. Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)
  4. Pengetahuan Kuantitatif (PK)

Sementara materi yang sering keluar di SBMPTN untuk soal TKA akan menguji elo di bidang pengetahuan keilmuan dari mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Materi SBMPTN TKA adalah soal-soal High Order Thinking Skills (HOTS).

Dalam UTBK Materi SBMPTN, rangkuman materi TKA juga dibagi menjadi dua jenis sesuai dengan kelompok soal. Yang pertama adalah TKA Saintek, TKA Soshum dan TKA Campuran.

  • TKA Saintek terdiri dari: Kimia, Biologi, Fisika, dan Matematika Saintek
  • TKA Soshum terdiri dari: Ekonomi, Sosiologi, Geografi dan Sejarah 
  • TKA Campuran terdiri dari: gabungan TKA Saintek dan Soshum.

Selanjutnya, untuk mengetahui tingkat kesulitan dari materi yang sering keluar di SBMPTN. Elo perlu tau kalo tingkat kesulitan dari tipe soal SBMPTN itu gak bisa ditebak di awal pengerjaan soal.

Ini karena tingkat kesulitan dari setiap tipe soal SBMPTN hanya bisa diketahui setelah SBMPTN selesai dikerjakan.

Salah satu cara supaya elo bisa punya gambaran mengenai tingkat kesulitan dalam tipe soal SBMPTN adalah dengan mengetahui sistem penilaian dalam UTBK.

Sistem Penilaian UTBK dinamakan IRT Scoring atau Item Response Theory (IRT). Sistem ini akan merangking tipe soal SBMPTN dari yang termudah hingga yang tersulit berdasarkan jawaban para siswa yang mengikuti SBMPTN.

Contoh sederhananya dalam melihat tingkat kesulitan di setiap tipe soal SBMPTN kayak gini. Misalkan, soal nomor 1 kelompok Soshum mata pelajaran Ekonomi hanya bisa dijawab benar oleh lima orang siswa padahal yang mengikuti SBMPTN saat itu ada 200.000 orang. Berarti soal ini termasuk soal dengan tingkat kesulitan tinggi.

Bandingkan dengan soal nomor 2 kelompok Soshum mata pelajaran Ekonomi yang bisa dijawab oleh 199.800 orang (artinya dari 200.000 hanya ada 200 orang yang salah menjawab). Artinya soal ini termasuk soal mudah.

Dengan cara penilaian ini, artinya semakin banyak tipe soal SBMPTN dengan tingkat kesulitan tinggi yang bisa elo jawab, maka semakin besar skor UTBK (nilai) yang akan elo didapatkan.

Nah, sekarang elo udah tau mengenai rangkuman soal dan tingkat kesulitan soal yang ada di SBMPTN.

Selanjutnya, elo bisa baca rangkuman gue mengenai contoh soal TPS dan TKA yang sering keluar di SBMPTN berikut ini:

Rangkuman Materi TPS

Contoh Soal TPS Penalaran Umum (PU) 

Materi yang Sering Keluar di SBMPTN - Contoh Soal SBMPTN TPS PU

A. Rendang adalah makanan yang sulit dibuat

B. Rendang hanya dimasak untuk acara-acara khusus

C. Rendang lebih disukai daripada makanan lainnya

D. Rendang dimasak menggunakan banyak rempah-rempah

E. Rendang yang dimasak dengan cepat kurang digemari orang

Jawaban:

Untuk menjawab soal ini, lo bisa cek satu-satu logika kalimat yang ada di masing-masing pilihan.

A. Rendang adalah makanan yang sulit dibuat

Perhatikan pernyataan pada kalimat di soal. Si pembuat soal tidak menjelaskan mengenai tingkat kesulitan dalam membuat rendang.

B. Rendang hanya dimasak untuk acara-acara khusus

Perhatikan pernyataan pada soal, tidak ada penjelasan mengenai rendang dimasak pada acara seperti apa.

C. Rendang lebih disukai daripada masakan lainnya

Tidak ada kalimat yang menyatakan perbandingan rendang dengan masakan lain.

D. Rendang dimasak menggunakan banyak rempah-rempah

Tidak ada pernyataan yang menjelaskan bumbu atau rempah-rempah yang digunakan dalam memasak rendang.

E. Rendang yang dimasak dengan cepat kurang digemari orang

Pernyataan ini intinya sama dengan pernyataan “Rendang makin lama dimasak, makin enak rasanya”.

Berarti jawabannya adalah E.