Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal

Segitiga Siku-Siku

Segitiga siku-siku merupakan segitiga yang memiliki satu sudut siku-siku. Kenapa sudut siku-siku di segitiga gak bisa lebih dari satu? Karena kalo sudut siku-siku lebih dari satu, itu gak akan bisa membentuk segitiga siku-siku.

Ciri-ciri segitiga siku-siku

1. Mempunyai 2 sisi yang saling tegak lurus

2. Adanya sisi miring dan salah satu sudutnya yaitu sudut siku siku

3. Memiliki sebuah sudut yang besarnya 90o

4. Khusus segitiga siku-siku sama kaki memiliki simetri lipat dan juga simetri putar

Nah, setelah tau dan paham segitiga siku-siku, sekarang kita masuk ke pembahasan rumus yang akan digunakan untuk mencari keliling segitiga siku-siku.

Rumus keliling segitiga siku-siku

Untuk menghitungnya kita bisa cara sederhana rumus keliling segitiga siku-siku, yaitu dengan menjumlahkan sisi-sisinya.

K = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3

Iya, rumusnya bener kok. Elo tinggal jumlahkan seluruh sisi segitiganya. Mudah banget kan.

Nah, tapi tentunya jarang ya soal yang seluruh sisinya sudah diketahui. Gimana cara mencari keliling segitiga siku siku yang salah satu sisinya tidak diketahui?

Untuk mencari salah satu sisi segitiga siku-siku elo  bisa menggunakan rumus keliling segitiga siku-siku dengan phytagoras.

rumus keliling segitga siku-siku

Rumus pythagoras adalah

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 121

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 122

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 123 = tinggi segitiga

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 124 = alas segitiga

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 125 = sisi miring

Soal dan Pembahasan

Contoh soal 1

Jika segitiga siku-siku memiliki sisi 5 cm, 12 cm, dan 13 cm, berapa keliling segitiga siku-siku tersebut?

K = 5 + 12 + 13

K = 20 cm

Contoh:

Jika segitiga siku-siku diketahui memiliki alas 6 cm dan tinggi 8 cm. berapa keliling segitiga tersebut?

Nah, di soal kali ini sisi miringnya nggak diketahui. Mula-mula yang harus elo lakukan adalah mencari sisi miring menggunakan rumus pythagoras.

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 126

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 127

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 128

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 129

Jadi, keliling segitiga tersebut adalah

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 130

Contoh soal 3

Kalau soal sebelumnya elo diminta untuk mencari sisi miring terlebih dulu. Gimana kalau tinggi atau alasnya yang tidak diketahui?

Jika segitiga siku-siku diketahui memiliki sisi miring 26 cm dan alas 10 cm. Berapa keliling segitiga tersebut?

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 131

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 132

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 133

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 134

Jadi keliling segitiga tersebut adalah

Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku dan 3 Pembahasan Soal 135