Rumus Persegi – Luas, Keliling, Ciri-Ciri, dan Contoh Soal

Pengertian Persegi

Jadi, persegi itu adalah bangun datar yang dibentuk oleh empat sisi yang sama panjangnya.

Contoh benda-benda yang sering kamu lihat dan berbentuk persegi itu ada banyak banget, antara lain: papan catur, roti tawar, kertas origami dan lain-lainnya.

Kali ini kita bakalan bahas rumus persegi mulai dari luas hingga kelilingnya. Baca sampai artikelnya sampai abis deh, selesai baca aku jamin kamu semua bakalan paham total!

Ciri-Ciri Persegi

Ciri-Ciri Persegi

Sebelum kamu belajar rumus persegi, mari kenalan dulu dengan ciri-ciri si persegi ini dan apa yang membedakannya dengan bangun datar lainnya.

Jadi persegi adalah bangun datar segiempat, yang membedakan persegi dengan bangun datar segiempat lainnya adalah 4 sisi persegi itu memiliki panjang yang sama.

Sifat dari persegi adalah semua sisinya saling tegak lurus, sehingga persegi memiliki 4 sudut siku-siku yang sama besar yaitu 90 derajat.

DoodleBob
Spongebob Berbentuk Persegi dalam Episode Doodlebob. (Dok: Nicepng)

Mumpung lagi bahas ciri-ciri persegi, aku pengen ngebahas lagi soal si Spongebob nih. Sebenernya tuh bentuk dia bukan persegi, yang benar SpongeBob adalah persegi panjang.

Kenapa persegi panjang? karena sisi-sisi yang ada di tubuh SpongeBob tidak memiliki panjang yang sama.

Ini paling gampang dilihat pada episode di mana gambaran SpongeBob hidup dari pensil ajaibnya, keliatan deh bentukannya. Tapi emang lebih enak didenger Square Pants sih daripada Rectangle Pants.

Rumus Keliling dan Luas Persegi

Rumus Keliling dan Luas Persegi
Rumus Keliling dan Luas Persegi (Arsip Zenius)

Rumus keliling dan luas persegi itu gimana sih? Pertama-tama kita harus tau kalau rumusnya dapat dengan mudah kita cari menggunakan sisi-sisi dari persegi. Keliling persegi adalah total jumlah dari semua sisi sebuah persegi.

Untuk menghitungnya kita dapat menambahkan 4 sisi persegi tersebut. Inget ya untuk selalu dihitung keempat-empat sisinya, kan kasihan kalau ada yang ditinggalin sisinya (kalau ada sisi yang ketinggalan nanti salah jawabannya, kasihan nilai kamu).

Misalkan panjang sisi sebuah persegi kita sebut sebagai s, maka berikut ini adalah rumus keliling persegi:

K = s + s + s + s

= 4s

Setelah paham tentang rumus keliling persegi, tahap selanjutnya adalah mempelajari rumus luas persegi. Luas persegi dapat dihitung dengan melakukan perkalian antar sisi persegi dengan sisi persegi.

Bisa kita bilang bahwa untuk nentuin keliling dan luas persegi, kita cuma butuh informasi panjang satu sisi dari persegi. Jadi, bila dijabarkan sebagai rumus berikut adalah rumus luas persegi:

L = s × s

s²

Contoh Soal dan Pembahasan

Setelah belajar menghitung dan menggunakan rumus persegi, kamu bisa coba tengok contoh soal dan pembahasan tentang rumus persegi ini.

Cara ini adalah cara yang tepat untuk mengetes apakah kamu sudah paham materi matematika yang satu ini.

Contoh Soal 1

Diketahui bahwa suatu persegi memiliki sisi 10 cm. Hitunglah keliling dari persegi tersebut!

Pembahasan:

Diketahui: s = 10

Ditanya: K

Jawab:

K = s + s + s + 

= 10 + 10 + 10 + 10

= 40 cm

Jadi, keliling persegi tersebut adalah 40 cm.

Contoh Soal 2

Diketahui bahwa persegi ABCD memiliki sisi AB sebesar 5 cm. Hitunglah luas dari ABCD menggunakan rumus persegi!

Pembahasan:

Diketahui: Sisi AB = 5 cm

Ditanya: L

Jawab:

L = s × s

= 5 × 5

= 25 cm²

Jadi, luas persegi ABCD adalah 25 cm²

Contoh Soal 3

Sebuah persegi memiliki keliling sebesar 32 cm. Berapakah panjang dari sisi persegi tersebut?

Pembahasan:

Diketahui: K =  32 cm

Ditanya: s

Jawab:

K = s + s + s + = 4 × s

32 = 4 × s

s = 32 : 4

= 8 cm

Jadi, panjang sisi persegi tersebut adalah 8 cm.