Rumus Rata-Rata atau Mean – Materi Matematika Kelas 6

Rata-Rata

Oke refreshing dikit dulu ya, jadi menurut KBBI salah satu pengertian rata-rata itu adalah “(angka, jumlah dan sebagainya) diperoleh dari jumlah keseluruhan unsur dibagi banyaknya unsur”. Kalau dalam Bahasa Indonesia yang tidak benar dan tidak baik, rata-rata adalah total nilai yang lu tambah-tambahin dibagi berapa banyak jumlah angka tersebut.

Rumus Rata-Rata
Dok: pexels

Gua kasih contoh langsung aja ya biar pemahamannya masuk ke otak, jadi ada 3 es krim yang berbeda rasa. Es krim cokelat harganya Rp5.000, es krim vanila Rp4.000, dan es krim strawberry Rp6.000. Rata-rata harga semua es krim itu bisa dicari ketika kita kita jumlahin nilai-nilai harga es krim dan kita bagi hasilnya dengan jumlah banyak es krim itu. Jadinya gini deh:

Rata-Rata Harga Es Krim =  Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 81

Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 82

= 5000

Hasilnya rata-rata harga es krim adalah Rp5000

Rumus Rata-Rata

Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 83

Dari penjabaran yang gua kasih sebelumnya, gua cukup yakin (semoga) temen-temen bisa paham dari rumus rata-rata. Buat ngebantu temen-temen ngerjain soal yang lebih sulit, gua bakalan sertai rumus rata-rata yang lebih lengkap. Dalam matematika, biasanya rata-rata dilambangkan dengan simbol x̄ yang disebut sebagai x bar. Jadi untuk rumus rata-rata bisa temen-temen lihat sebagai berikut:Pada rumus tersebut, simbol x dipakai untuk mewakili angka dari data yang kita punya. Jadi buat contoh yang kita bahas sebelumnya, x itu adalah harga dari es krim cokelat, vanila, dan strawberry. Sementara banyaknya data diwakilkan huruf n.

Cara Gampang Menghitung Rata-Rata

Kekurangan dari rumus rata-rata yang gua jelasin sebelumnya adalah kita butuh ngejumlahin banyak nilai dulu baru bisa kita cari rata-ratanya. Beruntung untuk lu pada Zenius punya trik buat ngatasin hal ini.

Semisal kita punya angka 41, 42, 43, 44 dan 45 dan kita butuh mencari rata-rata dari angka-angka tersebut. Kita bisa menebak angka 43 sebagai angka rata-ratanya dilihat dari jaraknya ke angka yang lain, 43 ini berdiri di tengah-tengah semua angka. Lalu kita bisa pastiin benar atau tidaknya melalui cara berikut ini:

Cara Gampang Rumus Rata-Rata

Intinya kita mengubah angka-angka lain menjadi 43 dengan penyesuaiannya. Angka 41 itu sama dengan 43 -2, seperti angka 42 sama seperti 43-1. Melalui eliminasi angka-angka tersebut kita bisa lihat jawabannya benar bahwa 43 adalah rata-rata, tanpa butuh menjumlahkan semua angka tersebut.

Lalu misalnya eliminasi angka tersebut ga abis gimana dong? Gampang aja, tinggal lu tambah atau kurangin sisa angka yang lu dapet. Nih gua kasih contoh lagi dengan angka-angka yang mirip, kali ini angkanya adalah 41, 42, 43, 45 dan 45.

Cara Gampang Rumus Rata-Rata

Gimana temen-temen? Gampang kan daripada ngejumlahin semua angkanya? Intinya itu pilih satu angka sebagai titik referensi dan sesuaikan angka lain menjadi angka tersebut. Cara ini lebih hemat kertas coretan juga loh. Kalau gitu ktia langsung aja lanjut ke contoh soal dan pembahasannya ya!

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Hitunglah rata-rata dari angka-angka berikut: 10, 8, 4, 6, 8, 10, 3.

Pembahasan:

Diketahui:

x1, x2 ,x3 … x7 = 10, 8, 4, 6, 8, 10, 3

n = 7

Ditanya:X̄

Jawab:

x̄= Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 84

x̄= Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 85

X̄ = Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 86

X̄ = 7

Jadi nilai rata-rata dari angka-angka tersebut adalah 7.

Contoh Soal 2

Nilai rata-rata ujian matematika dari 5 orang siswa adalah 5. Jika nilai tersebut digabung dengan 5 siswa baru, maka nilai rata-rata total mereka menjadi 6. Berapakah nilai rata-rata kelima siswa baru tersebut?

Pembahasan:

Diketahui:

Nilai rata-rata 5 Siswa: 5

Nilai rata-rata 10 Siswa: 6

Ditanya: Nilai rata-rata 5 Siswa Baru

Jawab:

1.  Mencari nilai total 5 siswa

5 =Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 87

Nilai total 5 siswa = 5 x 5

Nilai total 5 siswa = 25

2. Mencari nilai total 5 siswa baru

6 = Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 88

6 = Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 89

6 x 10 = 25 + Nilai total 5 siswa baru

Nilai Total 5 Siswa baru = 60 – 25 = 35

3. Mencari nilai rata-rata 5 siswa baru

X̄ = Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 90

X̄ = 7

Jadi nilai rata-rata 5 siswa baru adalah 7