Rumus Segitiga Sama Kaki dan Sama Sisi – Luas dan Keliling | Pelajaran Matematika

Apa Itu Segitiga?

Segitiga adalah bangun datar yang dibentuk dari tiga ruas garis yang saling bertemu pada kedua ujungnya.

Segitiga memiliki beberapa jenis berdasarkan pembagiannya. Pertama, berdasarkan panjang sisinya, ada segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dan segitiga sembarang.

Kedua, dilihat dari besar sudutnya, ada segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga siku-siku.

Ketiga, berdasarkan panjang sisi dan besar sudutnya, ada segitiga lancip sama kaki, segitiga siku-siku sama kaki, dan segitiga tumpul sama kaki.

Oh ya, ketiga sudut segitiga itu jumlahnya 180° (berlaku untuk semua jenis segitiga).

Nah, melalui artikel ini, elo akan tahu bagaimana cara mencari rumus luas dan keliling segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi.

Apa itu Segitiga Sama Kaki dan Segitiga Sama Sisi?

Segitiga sama kaki atau isosceles triangle adalah segitiga yang memiliki sepasang sisi yang sama panjang, dua sudut yang sama besar, dan memiliki satu sumbu simetri.

Segitiga sama sisi atau equilateral triangle adalah segitiga yang memiliki tiga sisi yang sama panjang, ketiga sudutnya sama-sama 60°, dan memiliki tiga sumbu simetri.

Rumus Segitiga Sama Kaki dan Segitiga Sama Sisi

Rumus luas segitiga sama kaki dan sama sisi sebenarnya sama dengan segitiga pada umumnya yaitu:

Luas segitiga = ½ x alas x tinggi

Pembuktian kenapa bisa dapat rumus seperti di atas.

Seperti yang di awal gue minta elo lakukan, yaitu membelah persegi panjang menjadi dua, dan akan muncul bangun datar lainnya yaitu segitiga siku-siku. Dan seperti yang kita tahu, rumus luas persegi panjang itu panjang kali lebar.

Nah, seperti yang ada di gambar di bawah ini, lebar ini bisa kita artikan sebagai alas dalam segitiga, dan panjang bisa dianggap sebagai tinggi.

Lalu, karena kita membelah dua, berarti luas segitiga itu dihitung ½ dari luas persegi panjang. Dari situ lah bisa didapat rumus seperti di atas.

Asal Rumus Luas Segitiga (Arsip Zenius)

Rumus Keliling Segitiga Sama Kaki dan Segitiga Sama Sisi

Berarti, segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi, rumusnya sama aja dong? Yup! Sama aja. Makarumus keliling segitiga sama kaki dan sama sisi adalah:

Keliling = sisi + sisi + sisi

Keliling adalah jumlah semua sisi segitiga. Rumusnya gampang banget! Tinggal dijumlahkan aja semua sisi yang ada. Yang jadi challenge adalah, gimana kalau dalam soal, ukuran tiap sisinya enggak lengkap?

Nah, itu yang selanjutnya akan gue bahas sebagai reminder bahwa ada yang namanya rumus Pythagoras.

Rumus Segitiga Sama Kaki dan Sama Sisi – Luas dan Keliling 42

Seperti yang bisa elo lihat, rumus pythagoras ini kan dicontohkannya dengan segitiga siku-siku, lalu kalau segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi gimana? Bisa dicek gambar di bawah ini ya, guys!

Rumus Segitiga Sama Kaki (Arsip Zenius)

Ini gue pakai a, b, dan c, suka-suka aja ya. Elo bisa ubah hurufnya sesuai dengan yang elo mau.

Okay, sekarang kita lanjut ke contoh soal dan pembahasan aja kali ya biar elo paham, gimana sih aplikasi rumus yang di atas ke dalam bentuk soalnya?

  1. Cara Mencari Luas dan Keliling Segitiga Sama Kaki

Sebuah segitiga sama kaki diketahui memiliki panjang alas berukuran 10 cm, sisi kanan dan kirinya 13 cm, dan tingginya 12 cm. Berapakah luas dan kelilingnya?

Carilah menggunakan rumus segitiga sama kaki.

  • Luas     = ½ x alas x tinggi

= ½ x 10 cm x 12 cm

= 60 cm2

  • Keliling = sisi + sisi + sisi

= 10 cm + 13 cm + 13 cm

= 36 cm

  1. Cara Mencari Luas dan Keliling Segitiga Sama Sisi
Cara Menggunakan Rumus Segitiga Sama Sisi (Arsip Zenius)

Nah, untuk soal kali ini, karena tingginya belum diketahui, kita coba cari tingginya dulu menggunakan teorema pythagoras sebelum mencari luas dan kelilingnya.

Pertama, elo cari tinggi segitiga di atas, dengan dijadikan segitiga siku-siku dahulu.

Bisa didapat, alas segitiga siku-sikunya adalah 9 cm (½ x 18 cm).

Lalu sudah kita dapatkan sisi miringnya 18 cm dan alasnya 9 cm, untuk mencari tinggi, kita bisa pakai rumus pythagoras Rumus Segitiga Sama Kaki dan Sama Sisi – Luas dan Keliling 43.

Cara Menggunakan Rumus Segitiga Sama Sisi (Arsip Zenius)
  • Luas     = ½ x alas x tinggi

= ½ x 18 x 93

Rumus Segitiga Sama Kaki dan Sama Sisi – Luas dan Keliling 45 cm2

  • Keliling    = 18 + 18 + 18

= 54 cm