Sebutkan dan jelaskan teknik dasar bola basket

Teknik dasar bola basket:

1. Passing and catching

Passing yaitu merupakan teknik yang di mana seseorang memberikan bola atau mengoper bola dan mengumpan kepada teman satu regunya. Sedangkan teknik dari catching ini adalah menerima dari bola dari teman satu regunya sendiri.

2. Dribbling-menggiring bola

Dribbling yaitu merupakan teknik membawa bola agar menghindari lawan dan untuk menyerang lawan.

3. Shooting-menembak bola

Shooting yaitu merupakan teknik dasar dari permainan bola basket yang wajib untuk dikuasai agar bisa mendapatkan poin demi poin.

4. Pivot-berputar

Pivot yaitu digunakan untuk bisa melakukan gerak tipu yaitu dengan cara mengerakkan badan dengan sebuah tumpuan dari salah satu kaki dengan menggunakan kedua tangan yang menjaga bola dari lawan.

5. Rebound

Teknik mengambil bola basket yang gagal masuk ke dalam ring, ada 2 jenis rebound yaitu rebound ofensif dan rebound defensif.

Pembahasan

Bola basket adalah salah satu contoh dari olahraga bola besar. Permainan bola ini berlangsung dengan cara mempertandingkan dua tim basket yang akan berebut bola untuk dimasukkan ke dalam ring lawan. Skor yang bisa didapatkan sangat tergantung dari cara masuknya bola tersebut.

Tidak sama dengan permainan bola voli, dalam permainan bola basket, para pemain bola basket diberikan batas waktu untuk saling berhadap-hadapan. Jadi bukan berdasarkan tim mana yang akan lebih dulu mencapai skor tertentu tetapi berdasarkan durasi waktu.

Aturan dalam bola basket internasional ini telah menetapkan waktu sebanyak sepuluh menit kali empat babak. Namun khusus untuk National Basketball Association atau yang disingkat NBA, pertandingan bola basket berlangsung selama empat babak dan tiap babaknya berdurasi kurang lebih selama dua belas menit.

Dalam menguasai permainan bola basket terdapat beberapa hal yang harus diketahui, seperti bagaimana cara bermainnya, aturan yang ada di dalam permainan basket, ukuran lapangan, serta para pemainnya.

Untuk bisa melakukan permainan bola basket, maka kalian perlu banget untuk bisa memahami teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket ini. Setidaknya kita perlu untuk menguasai teknik memegang bola, passing, dribble, shooting, pivot, rebound, dan slam dunk.