Sebutkan unsur unsur iklan!

Sebutkan unsur unsur iklan

  1. Kalimat deskriptif
  2. Kalimat persuasif
  3. Attention ( perhatian )
  4. Interest ( minat )
  5. Desire ( keinginan )
  6. Conviction ( rasa percaya )
  7. Action ( tindakan )
  8. Memiliki sasaran yang jelas tentang produk dan jasa yang ditawarkan.

 

Pembahasan :

Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang sedang ditawarkan.

Iklan atau pariwara merupakan bagian penting dalam mempromosikan atau menawarkan suatu barang ataupun jasa.

 

Jenis-jenis iklan :

  1. Iklan niaga merupakan jenis iklan yang dibuat untuk mempengaruhi khalayak agar tertarik untuk membeli, memiliki, dan menggunakan produk yang ditawarkan oleh pemasang iklan
  2. Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang dibuat untuk menarik perhatian masyarakat agar memiliki rasa simpati atau memberikan dukungannya terhadap hal yang sedang diiklankan.

 

Unsur-unsur iklan:

  1. Kalimat deskriptif : kalimat yang berfungsi untuk menguraikan spesifikasi produk atau layanan yang akan diiklankan.
  2. Kalimat persuasif : kalimat yang berfungsi untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.
  3. Attention ( perhatian ). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  4. Interest ( minat ). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
  5. Desire ( keinginan ). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
  6. Conviction ( rasa percaya ). Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  7. Action ( tindakan ). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.
  8. Memiliki sasaran yang jelas tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Sasaran dapat ditujukan pada anak”, remaja, dewasa, maupun tua.