Show Run berfungsi untuk​

Show Run atau perintah RUN berfungsi untuk mengkonfigurasi sistem operasi windows untuk mencari atau membuka suatu sistem yang berada pada windows, baik itu berupa program, aplikasi, file, folder, dll dengan sangat cepat.

Pembahasan

Windows Run ini merupakan fitur yang pertama kali diperkenalkan pada Microsoft Windows 95 yang saat ini digunakan untuk seluruh versi Windows terbaru. Untuk dapat membuka Run, pengguna bisa menggunakan shortcut Windows + R, yang nantinya itu akan muncul kotak dialog Run. Kotak dialog Run tersebut, memungkinkan pengguna untuk membuka program dengan menurut nama (apabila berada pada direktori Windows) atau dengan memulai file apa pun dengan mengetik lokasi atau pun juga nama lengkap di komputer, file, perangkat, atau halaman web berada.

Contoh umum menggunakan kotak Run misalnya, saat ingin membuka program kalkulator, langsung akses kotak Run pada Windows dan ketik calc pada kolom Open, kemudian tekan Enter pada keyboard untuk meng-eksekusinya. Selain itu, cara lain yang dapat digunakan adalah mengeksekusi berkas yang terletak pada direktori C:\Windows yang dijalankan dengan mengetik nama berkas. Misalnya, executable untuk Kalkulator adalah calc.exe dan tekan Enter.

Sebagai pengguna komputer aktif, memakai Run untuk membuka alat-alat tertentu itu akan sangat membantu dalam pencarian beberapa fitur komputer yang dapat mempermudah penggunanya.