Silsilah, Pendiri, dan Peninggalan Kerajaan Singasari – Materi Sejarah Kelas 10

Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang berdiri sejak tahun tahun 1222 M-1292 M. Kerajaan yang pada mulanya bernama Tumapel ini terletak di Malang, Jawa Timur.

Nah, kalau bicara tentang Kerajaan Singasari maka nggak akan lepas dengan Kerajaan Kediri nih, guys.

Jadi, Kerajaan Kediri dipimpin oleh seorang raja yang bernama Kertajaya. Nah, Kertajaya ini ingin sekali dirinya disembah seolah-olah ia adalah seorang dewa. Keinginan Kertajaya ini pun memicu kemarahan para kaum Brahmana. Sehingga, kaum Brahmana meminta tolong kepada Ken Arok untuk melawan Kertajaya. Hingga akhirnya, Ken Arok dan kaum Brahmana berhasil mengalahkan Kertajaya.

So, pertanyaannya siapa sih, Ken Arok? Jadi, Ken Arok ini merupakan Bupati dari Tumapel. Tumapel merupakan salah satu wilayah kekuasaan Kerajaan Kediri.

pendiri kerajaan singasari adalah ken arok
Patung Ken Arok di GOR Ken Arok, Malang. (Dok. Wikimedia Commons)

Karena telah membantu kaum Brahmana untuk menyingkirkan Kertajaya, akhirnya Ken Arok dijadikan raja Kerajaan Tumapel. Oh iya, Kerajaan Tumapel ini sama yang dengan Kerajaan Singasari ya, guys. So, bisa dikatakan juga kalau Ken Arok ini merupakan pendiri Kerajaan Singasari sekaligus raja pertamanya.

Terus, seberapa besar sih wilayah dari Kerajaan Singasari?

Nah, perluasan wilayah kekuasan Kerajaan Singasari sendiri nggak akan bisa lepas dari peranan raja terakhir Singasari yakni Kertanegara. Sebab, pada masa pemerintahannya, Kertanegara memberlakukan cakrawala mandala. Apa itu cakrawala mandala?

Jadi, arti dari cakrawala mandala yakni keinginan Kerajaan Singasari untuk melebarkan kekuasaan kerajaannya. Bukan hanya di pulau Jawa saja, tapi juga di luar pulau Jawa. Bahkan, wilayah kekuasaan Kerajaan Singasari sampai ke Pahang, Malaysia juga, lho.

Peta wilayah Kerajaan Singasari
Peta wilayah Kerajaan Singasari. (Dok. Wikimedia Commons)

So, apa sumber sejarah Kerajaan Singasari yang membuktikan bahwa kerajaan ini ada? Nah, sumber-sumber yang membuktikan Kerajaan Singasari antara lain prasasti Kudadu dan kitab Negarakertagama.

Penyebab Runtuhnya Kerajaan Singasari dan Kehidupan Politiknya

Lanjut, ke penyebab runtuhnya Kerajaan Singasari. Nah, penyebab runtuhnya kerajaan ini nantinya akan berkaitan nih dengan kehidupan politik Kerajaan Singasari. Runtuhnya Kerajaan Singasari berawal dari konflik antara Kertanegara dengan Jayakatwang dan Arya Wiraraja.

Kertanegara sendiri merupakan raja terakhir Singasari yang sempat membawa Kerajaan Singasari mencapai puncak kejayaannya.

Jayakatwang yang merupakan keturunan Kertajaya (Raja Kediri) melakukan perlawanan terhadap Kerajaan Singasari karena ingin mendirikan Kerajaan Kediri kembali. Soalnya, dulu Kerajaan Kediri ini sempat direbut oleh Kerajaan Singasari.

Dalam melakukan aksinya ini, Jayakatwang tidak sendiri nih guys, melainkan dibantu oleh Arya Wiraraja. Perlawanan Jayakatwang ini pun membuahkan hasil, akhirnya Kerajaan Singasari berhasil jatuh ke tangan Jayakatwang.

Namun, kemenangan Jayakatwang tidak bertahan lama. Sebab, Raden Wijaya (menantu dari Kertanegara) meminta bantuan Arya Wiraraja untuk mengambil alih kembali Kerajaan Singasari dari tangan Jayakatwang.

Hingga akhirnya Raden Wijaya berhasil mengambil alih Kerajaan Singasari. Namun, ia tidak meneruskan Kerajaan Singasari melainkan mendirikan kerajaan baru bernama Majapahit.

Kehidupan Kerajaan Singasari

1. Kehidupan Ekonomi Kerajaan Singasari

Kalau ngomongin kehidupan ekonomi Kerajaan Singasari, maka nggak akan lepas dengan letak wilayahnya nih, guys. Letak Kerajaan Singasari sendiri dekat dengan Sungai Brantas, sehingga perekonomiannya fokus pada bidang pelayaran dan perdagangan.

2. Kehidupan Sosial Kerajaan Singasari

Sementara itu, kehidupan sosial Kerajaan Singasari selalu berubah-ubah bergantung pada raja yang memimpin saat itu. Kalau pada masa kerajaan Ken Arok, kehidupan rakyatnya sangat makmur dan terjamin. Well, ini mungkin disebabkan juga karena Ken Arok awalnya merupakan rakyat biasa sehingga mengerti apa yang diinginkan rakyatnya.

Kemudian, pada masa pemerintahan Anusapati, kehidupan rakyat mulai tidak mendapat perhatian. Namun, saat Kertanegara memerintah setelahnya, kehidupan rakyat kembali teratur dan makmur.

3. Kehidupan Agama Kerajaan Singasari

Terus bagaimana nih dengan kehidupan agama Kerajaan Singasari? Nah, agama yang paling berkembang di Kerajaan Singasari adalah agama Buddha.

Tapi, kenapa ya agama Buddha bisa sangat populer saat itu? Well, alasannya karena agama Buddha merupakan agama yang dianut oleh raja, sekaligus agama resmi kerajaan.