Tari kecak berasal dari Provinsi……..

Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki tari daerahnya masing-masing. Provinsi di Indonesia yang memiliki tari daerah berupa tari Kecak adalah Bali.

 

Pembahasan

Tari daerah adalah salah satu bentuk dari kesenian dan budaya daerah yang ada di Indonesia. Sesuai dengan namanya, tari daerah ini termasuk dalam seni tari sehingga unsur utama yang membentuk suatu tari daerah adalah gerak tari. Berbeda dengan karya seni tari lainnya, gerak tari yang ada pada tari daerah ini mengandung makna dan pesan yang berhubungan dengan kebudayaan yang ada pada daerah asal dari tari daerah tersebut. Hal ini membuat gerak tari yang ada pada tari daerah akan terikat pada suatu aturan dan pola gerak tertentu sehingga bersifat baku dan tidak bisa diubah secara sembarangan. Salah satu tari daerah yang ada di Indonesia adalah tari Kecak.

 

Tari Kecak adalah salah satu tari daerah yang berasal dari Bali dan menceritakan kisah mengenai Ramayana dan penari lain yang terlibat akan melakukan komunikasi dengan roh leluhur. Pola lantai yang digunakan pada tari Kecak adalah pola lantai lingkaran sehingga kita bisa menemukan kesan yang dinamis pada gerak tari yang ada pada tari Kecak. Tari Kecak juga menjadi salah satu tari daerah Indonesia yang sudah dikenal hingga dunia internasional.