Teks Prosedur – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

Pengertian Teks Prosedur

Definisi teks prosedur adalah teks yang bertujuan untuk membantu memudahkan pembacanya melakukan langkah kerja secara berurutan untuk mencapai tujuan tertentu atau petunjuk penggunaan, biasanya ditulis secara berurutan agar memudahkan pengguna mengikuti langkah-langkah secara berurutan.

Teks prosedur pada umumnya menggunakan kalimat perintah, oleh sebab itu biasanya elo temui dalam sebuah tulisan yang menjelaskan tentang tutorial, cara dan tips-tips dalam mengerjakan sesuatu.

Biasanya kalimat perintah dalam teks prosedur merupakan sebuah ciri khas yang bertujuan untuk mengajak si pembaca untuk melakukan hal tersebut.

Contohnya, elo sedang mencari tulisan tentang cara membuat bolu kukus melalui internet atau media lainnya. Nanti pada teks itu elo akan menemui beberapa langkah atau cara dalam membuat kue. Cara yang dilakukan juga sangat beruntun sehingga elo mudah memahami dan mengikutinya.

Tujuan Teks Prosedur

Tujuan dari teks prosedur adalah memudahkan pembaca agar dapat mengikuti langkah, cara maupun perintah dari isi teks yang ingin disampaikan penulis yang sesuai dengan keinginan si pembaca.

Dalam beberapa kasus tertentu mungkin elo sudah hafal cara menggunakan produk, seperti memasak mie instan, misalnya.

Teks prosedur sebaiknya tetap ada dan jangan sampai dihilangkan keberadaannya. Tidak semua orang tahu cara menggunakan barang dengan benar. Terutama jika orang tersebut datang dari luar Indonesia.

Itulah sebab mengapa biasanya teks prosedur disediakan dalam dua bahasa, teks prosedur bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Menggunakan Kata Kerja Aktif

Kalimat pada teks prosedur umumnya menggunakan kata kerja aktif yang memberikan sebuah tindakan kepada objeknya misalnya membungkus, memotong, mengaduk, menyiram, melempar dan lain sebagainya.

Menggunakan Pola Kalimat Imperatif atau Perintah

Kata kerja imperatif dalam teks prosedur merupakan ciri utama pada panduan penggunaan sebuah produk.

Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat berisikan kata kerja imperatif atau kalimat perintah. Sebisa mungkin mengandung makna meminta atau memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Contoh kalimat perintah dalam teks prosedur:

  • Tambahkan gula kemudian aduklah sampai rata
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih
  • Aduklah adonan kue hingga kalis
  • Potonglah wortel dengan bentuk bulat dan tipis

Menggunakan Kata Keterangan

Menggunakan kata keterangan dengan tujuan untuk menyatakan rinci tempat, waktu dan cara-cara atau langkah-langkah yang akurat. Fungsi dari kata keterangan dalam teks ini adalah untuk memberikan keterangan terhadap kata lain.

Contohnya:

  • Gunakan krim ini hanya pada malam hari sebelum tidur
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak berusia di bawah 3 tahun

Terdapat Kalimat Larangan atau Saran

Teks prosedur biasanya menggunakan kalimat yang bersifat larangan atau memberikan saran kepada pendengar atau pembaca.

Contohnya, jangan menaruh garam terlalu banyak, sebaiknya tidak menggunakan air panas.

Menggunakan Konjungsi

Konjungsi dalam teks prosedur berfungsi sebagai penghubung atau mengkonjugasikan urutan langkah atau kegiatan yang kronologis.

Contoh: Selanjutnya, kemudian, lalu, setelah itu, berikutnya dll

Struktur Teks Prosedur

Tujuan

Dalam menulis teks prosedur harus terdapat tujuan yang berisi tentang hasil akhir yang hendak dicapai setelah melakukan beberapa tahapan yang dijelaskan dalam teks itu. Dengan adanya tujuan maka akan membantu si penulis untuk bisa menyampaikan langkah-langkah kepada pembaca dengan rapi dan terstruktur.

Material atau Bahan-bahan

Setelah tujuan maka yang selanjutnya adalah bagian material atau bahan-bahan. Pada bagian ini penulis akan menjelaskan tentang bahan apa saja yang digunakan, alat, maupun material lainnya yang diperlukan dalam melakukan langkah-langkahnya.

Langkah-langkah

Pada bagian langkah-langkah ini penulis akan mulai menuliskan atau menjelaskan secara runtut langkah yang diperlukan dalam membuat sesuatu asal hasil yang diharapkan sesuai  dengan tujuan dari teks prosedur tersebut. Pada tahap ini semua langkah harus dituliskan secara lengkap dan urut tidak boleh secara acak.

Penutup

Pada bagian ini biasanya berisi tentang ucapan selamat mencoba dan penekanan pada keuntungan dalam menerapkan prosedur-prosedur tersebut.

Macam-Macam Teks Prosedur

Teks Prosedur Sederhana

Teks ini merupakan teks yang hanya menyajikan prosedur yang hanya bisa diselesaikan dengan 3 atau 2 langkah saja. Contohnya adalah cara menghidupkan atau mematikan televisi.

Teks Prosedur Protokol

Jenis teks ini merupakan teks yang menjelaskan langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu tidak terlalu strict atau langkah kerjanya bisa diubah. Langkah-langkah yang biasa tidak dilakukan dengan urut karena tidak saling berkaitan. Meskipun urutnya diubah tidak akan mengubah tujuan akhirnya.