tembang macapat cacahe ana

Ana pira cacahe tembang macapat?

Jawaban

Tembang Macapat adalah karangan atau gabungan kata dengan patokan tertentu dan pembacaannya menggunakan penataan seni suara atau nada disertai susunan bahasa dan sastra.

1. Tembang Maskumambang
Maskumambang berasal dari dua kata, yakni mas dan kumambang yang dalam bahasa Indonesia artinya emas terapung. Tembang macapat maskumbang menceritakan tahap pertama dalam perjalanan hidup manusia.

2. Tembang Mijil
Mijil berasal dari kata bahasa Jawa wijil yang bermakna keluar. Tembang mijil memiliki makna saat anak manusia terlahir ke dunia dari rahim ibunya. Tembang mijil ini sering digunakan untuk memberi nasihat dan ajaran kepada manusia agar selalu kuat serta tabah dalam menjalani kehidupan

3. Tembang Sinom
Tembang macapat sinom berisi nasihat, rasa persahabatan, dan keramahtamahan.

4. Tembang Kinanthi
Tembang kinanti digunakan untuk menyampaikan suatu cerita yang berisi nasihat yang baik serta kasih sayang.

5. Tembang Asmaradana
Tembang asmarandana menggambarkan perasaan hati yang berbahagia atau rasa pilu dan sedih karena dirundung cinta.

6. Tembang Gambuh
Tembang Gambuh digunakan untuk menyampaikan cerita dan nasihat kehidupan, seperti rasa persaudaraan, toleransi, dan kebersamaan.

7. Tembang Dhandhanggula
Tembang ini digunakan sebagai tembang pembuka yang menjabarkan berbagai ajaran kebaikan serta ungkapan rasa cinta dan kebahagiaan.

8. Tembang Durma
Tembang macapat durma biasanya digunakan untuk menggambarkan sifat-sifat amarah, berontak, dan nafsu untuk berperang. Tembang durma sering berisi nasehat agar berhati-hati dalam meniti kehidupan.

9. Tembang Pangkur
Tembang pangkur sering digunakan oleh orang Jawa sebagai pitutur (nasehat) yang disampaikan dengan kasih sayang.

10. Tembang Megatruh
Tembang megatruh berisi nasehat agar setiap orang mempersiapkan diri menuju alam baka yang kekal dan abadi. Tembang ini biasanya digunakan untuk menggambarkan rasa penyesalan, duka cita, atau kesedihan.

11. Tembang Pucung
Tembang pucung biasanya menceritakan hal-hal yang lucu atau berisi tebak-tebakan untuk menghibur hati. Meskipun bersifat jenaka, isi tembang pucung ini mengandung nasihat bijak untuk menyelaraskan kehidupan antara manusia, alam, lingkungan, dan Tuhan Sang Pencipta

Dadi, Cacahe tembang macapat kui wau ana 11 yaiku:
1. Tembang Maskumambang
2. Tembang Pucung
3. Tembang Gambuh
4. Tembang Megatruh
5. Tembang Mijil
6. Tembang Kinanthi
7. Tembang Durma
8. Tembang Pangkur
9. Tembang Asmaradana
10. Tembang Sinom
11. Tembang Dhandhanggula