Tentukan nilai sin,cos,tan dari sudut 37 derajat dan 53 derajat

alam pelajaran matematika ada dikenal dengan Konspe Trigonometri. Apa itu trigonometri ?.

Yuk kita bahas kata istilah Trigonometri, berasal dari bahasa Yunani, yaitu : kata Trigonon yang artinya tiga sudut dan kata metron yang artinya mengukur. Maka pengertian kata Trigonometri adalah sebuah cabang matematika yang mempelajari hubungan antara panjang dan sudut segitiga.

Sehingga untuk memudahkan hubungan antara panjang dan sudut, saya akan jelaskan definisi istilah sisi samping, depan dan miring dari segitiga.

Adapun penjelasan sisi – sisi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sisi Samping adalah sisi yang letaknya menempel pada sudut yang kita tinjau atau sisi yang letaknya disamping sebelahnya sudut yang kita tinjau.

2. Sisi depan adalah sisi yang letaknya berhadapan depan dengan sudut yang kita tinjau.

3. Sisi Miring adalah sisi yang posisinya miring pada bangun segitiga.

 

Rumus Trigonometri Dasar

Adapun rumus dasar dari konsep trigonometri adalah :

1. Cos (Dibaca = Cosinus) adalah rasio atau pembagian antara sisi samping dan sisi miring, atau dikenal dengan singkatan SAMI (Samping per Miring).

2. Sin (Dibaca = Sinus) adalah rasio atau pembagian antara sisi depan dan sisi miring, atau dikenal dengan singkatan DEMI (Depan per Miring).

3. Tan (Dibaca = tangen) adalah rasio atau perbamdingan antara sisi depan dan sisi samping, atau dikenal dengan singkatan DESA (Depan per Samping).

 

Pengertian Sudut Istimewa

Sudut istimewa adalah sudut dengan nilai perbandingan trigonometri yang dapat ditentukan nilainya TANPA menggunakan kalkulator. Nah ada beberapa sudut istimewa dalam konsep trigonometri, yaitu : 0°, 30°, 37°, 45°, 53°, 60° dan 90°.

Sudut Istimewa 53°

khusus sudut 53° ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh sudut istimewa yang lainnya, yaitu sifat penyusun panjang sisi sudut 53°. Sudut 53° adalah sudut yang terbentuk karena diapit oleh sisi yang nilai panjangnya 5 dan 3 (sesuai angka sudut nya 53°). Dimana sisi 5 adalah sebagai sisi miringnya dan sisi 3 adalah sisi sampingnya, sehingga dengan menggunakan konsep Trigonometri Dasar kita bisa peroleh hubungan rasio atau perbandingan antara sisi samping dan sisi miring, sehingga muncullah dari sini konsep Cos 53° sebesar : samping per miring yaitu 3 per 5.

Jadi nilai cos 53° adalah 3/5 atau 0,6

 

Sisi Phytagoras Pada Segitiga dengan sudut 53°, sudut 37° dan Sudut 90°

Nah kemudian sudut 53° ini sebagai pasangan siku-siku dengan sudut 37°, sehingga muncullah tiga sisi Phytagoras pada segitiga tersebut yaitu sisi 3, sisi 4 dan sisi 5.