wali songo yang terkenal aktif berdakwah melalui saluran kesenian adalah

Walisongo yang terkenal aktif berdakwah melalui saluran kesenian adalah…

A. Sunan Giri, sunan Bonang, sunan Kalijaga

B. Sunan Ampel, sunan Muria, sunan Bonang

C. Sunan Kudus, sunan Ampel, sunan Bonang

D. Sunan Gunungjati, sunan Kudus, sunan Muria

E. Sunan Muria, sunan Kalijaga, sunan Gunungjati

Jawaban

Wali Songo adalah orang-orang yang berjasa penting menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa dan sekitarnya pada abad ke-14. Masa Wali Songo adalah masa pergantian dari masa Hindu-Budha ke masa Islam. Dalam menyebarkan Islam, para Wali Songo mempunyai strategi dalam melakukan dakwah, salah satunya adalah dengan jalan kesenian. Berikut ini adalah para wali yang menyebarkan Islam dengan jalan kesenian.

Sunan Bonang, memiliki nama asli Raden Makhdum Ibrahim adalah keturunan langsung Nabi Muhammad SAW. yang ke-23. Ia berdakwah di daerah tuban menggunakan alat musik gamelan yang telah diubah ukirannya menjadi ukiran bergaya Islam.
Sunan Kalijaga, memiliki nama asli Raden Syahid adalah murid dari sunan Bonang, sehingga ia berdakwah dengan cara yang mirip, gaitu menggunakan gamelan. Ia juga berhasil mengubah kesenian wayang kulit bercorak Hindu menjadi bercorak Islam sebagai media dakwahnya.
Sunan Giri, memiliki nama asli Raden Paku. Ia berdakwah menggunakan media wayang kulit dan permainan jelungan di Jawa Timur hingga ke Maluku.
Sunan Drajat, memiliki nama asli Raden Qasim. Ia berdakwah di daerah Lamongan menggunakan gending.
Sunan Muria, memiliki nama asli Raden Umar Said adalah putra dari Sunan Kalijaga. Ia meneruskan dakwah ayahnya di Jawa Timur menggunakan metode yang hampir sama dengan ayahnya, yaitu menggunakan gamelan dan wayang kulit.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.